Kecerdasan Buatan Robot Anki Cozmo

Kecerdasan Buatan Robot Anki CozmoAnki Cozmo robot apa yah? Dalam dunia robot, ada istilah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, yang menjadi semacam sistem kehidupan untuk sebuah robot. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh John McCarthy pada 1956.  Kecerdasan buatan merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal ini biasanya dilakukan dengan mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan manusia. Intinya ini merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan aktivitas seperti layaknya manusia.

Nah, pasti anda berpikir, robot-robot canggih dengan kecerdasan buatan tinggi itu semacam, Terminator atau Optimus Prime, gitu kan? Persepsi anda akan segera berubah dengan kenalan sama Robot Anki Cozmo ini. Siapa tuh Anki Cozmo?

Ya, Anki Cozmo merupakan robot mainan yang super imut nan mungil. Dibuat oleh perusahaan bernama Anki. Robot mainan Anki Cozmo ini diklaim memiliki kecerdasan buatan yang sangat tinggi. Bahkan diklaim merupakan robot mainan tercanggih yang pernah ada! Anki Cozmo memiliki dimensi seukuran telapak tangan manusia dewasa. Ia memiliki empat roda yang mirip dengan roda buldozer dan lengan terhubung di kedua sisinya. Lengan tersebut dapat mengetuk, mendorong dan menyusun smart blocks—balok-balok khusus yang disertakan dalam paket penjualan. Keduanya akan menciptakan permainan baru yang pastinya lebih seru dan berbeda.

Robot ini juga dapat dijadikan semacam peliharaan juga lho. Karena ia memliki kemampuan mengenali seseorang. Sehingga Anki Cozmo dapat menjadi bagian dari keluarga anda tentunya. Robot ini memiliki kepala kotak dan dilengkapi dengan layar yang mengingatkan kita pada tabung CRT lawas.  Anki Cozmo memiliki beberapa mimik muka yang lucu dan akan berubah tergantung pada apa yang ia ‘rasakan’. Diantaranya marah, kesal, gila, tertawa, senang dan masih banyak lagi. Ia kana menmapilkan ekspresi gembira ketika berhasil menyusun balok dengan benar, dan akan kesal jika anda merubuhkan balok yang telah ia susun. Menarik sekali bukan?

Dengan ekspresi yang beragam, ini lebih mirip dengan android yang ada pada film Stars Wars atau robot luar angkasa yang menemani awak kapal dalam film Interstellar. Dengan begitu Anki Cozmo cocok diajak bermain bersama keluarga. Meski ia tidak dapat berbicara selayaknya robot lainnya, namun Anki Cozmo dapat menyampaikan tanggapan dengan cara yang berbeda.

Anki sendiri merupakan sebuah perusahaan yang dibawa oleh para ahli di bidang teknik mesin, robotika, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, animasi, vision komputer dan desain suara.  Kini mereka siap meluncurkan Anki Cozmo ini ke pasaran. Pihak Anki membanderolnya di harga $180 atau setara dengan 2,4 juta rupiah. Tentu dengan segala kecerdasan yang dimilikinya, harga segitu terhitung murah .

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *