Kelebihan dan Kekurangan Handphone 4G Serta Tips Memilihnya

Kelebihan dan Kekurangan Handphone 4G Serta Tips Memilihnya

Memiliki sebuah smartphone yang bisa melakukan perintah kita dengan cepat merupakan keinginan semua orang. Namun kadang kala pengaruh koneksi dengan internet membuat handphone yang memiliki spesifikasi tercanggihpun menjadi lambat. Koneksi internet yang paling cepat saat ini adalah koneksi 4G sehingga banyak handphone baru mengubah fitur penangkapan sinyalnya menjadi hingga batas maksimal saat ini yaitu 4G. Handphone 4G menjadi pilihan wajib bagi mereka yang baru akan memilih smartphone baru dengan harapan kualitas tangkapan sinyal internet menjadi lebih baik dan cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Handphone 4G Serta Tips Memilihnya 

Sebagai jenis koneksi terbaru, 4g juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya namun hanya ikut arus dengan memilih smartphone 4G, sebaiknya membaca terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda dapatkan dari jaringan jenis ini. Berikut ini adalah kelebihan dari smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G di Indonesia:

  • Kecepatan download.

Sebagai teknologi paling baru, kecepatan download yang dimiliki oleh smartphone 4G juga paling cepat. Kecepatan downloadnya hingga 100mbps sehingga memungkinkan Anda untuk mendownload konten apa saja di smartphone dengan lebih mudah dan cepat. 

  • Streaming anti buffer.

Dengan kecepatan download yang tinggi, Anda tak perlu terganggu dengan adanya buffering seperti yang selama ini terjadi di jaringan yang lebih rendah. Dengan 4G buffering akan hilang seiring dengan kecepatan downloadnya.

  • Video call lebih lancar.

Sering melakukan video call? Berarti Anda memang wajib memiliki jenis handphone 4G. Dengan jaringan 4G yang sudah didukung oleh handphone Anda, video call menjadi lebih lancar tanpa ada gangguan jaringan seperti terputusnya koneksi di tengah-tengah pembicaraan. Selain itu gambar yang dikirimkan juga menjadi lebih cerah dengan suara yang jernih sehingga Anda akan memiliki kualitas video call yang lebih baik dibandingkan menggunakan jaringan di bawah 4G. 

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh smartphone dengan dukungan jaringan 4G. Kekurangan ini lebih banyak disebabkan karena belum stabilnya dukungan koneksi 4G dari provider yang ada di Indonesia. Misalnya provider A yang belum memiliki jaringan 4G di wilayah Anda, maka meski smartphone yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G namun tetap saja Anda tak akan merasakan manfaatnya karena tak adanya jaringan 4G yang bisa ditangkap. Meskipun adapun, beberapa wilayah masih belum stabil dalam hal koneksinya. 

Jika Anda sudah memastikan bahwa wilayah domisili sudah memiliki jaringan 4G, maka Anda bisa leluasa mengganti smartphone lama dengan handphone 4G. Pilihlah handphone yang sudah terbukti baik dalam hal menangkap sinyal dan kompatible dengan simcard provider yang Anda gunakan. Jika masih mengalami kendala, maka Anda bisa menanyakan masalah tersebut pada tehnical support sesuai dengan merk hp ataupun provider kartu yang digunakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *