Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Tenaga Surya

Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Tenaga Surya

Saat ini muncul banyak isu yang membahas mengenai penghematan energi serta penyediaan sumber energi alternatif di kehidupan masa depan. Hal ini disebabkan mulai menipisnya sumber energi yang berasal dari batubara dan minyak sedangkan kebutuhan manusia akan energi semakin meningkat. Salah satu cara untuk menjawab isu-isu tersebut yakni pemanfaatan sumber daya terbaharu seperti energi dari tenaga surya atau solar panel.

Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Tenaga Surya

Energi alternatif dari tenaga surya memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi penggunanya seperti penghematan biaya dan mengurangi polusi udara. Masyarakat diharapkan dapat memilih untuk memasang panel surya ini dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sebelum itu Anda harus memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari sumber energi matahari ini diantaranya:

Kelebihan Energi Surya

Energi Gratis

Sumber energi matahari menyediakan bahan bakar panas yang dapat ditampung pada siang hari melalui panel sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyalakan komponen elektrik di rumah Anda. Anda juga lebih berhemat dalam membayar tagihan listrik.

Produksi Yang Bersih

Listrik yang berasal dari batubara menghasilkan emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, sedangkan listrik dari energi matahari tidak menghasilkan gas berbahaya tersebut.

Insentif Pemerintah

Saat ini masyarakat dapat menjual listrik ke PT PLN (Persero) jika sudah beralih ke tenaga surya dalam penyediaan pembangkit listrik di rumahnya. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai upaya mendukung program penghematan energi. Namun kapasitas solar cell tidak dapat melebihi daya yang telah terpasang dari PLN. Misalnya jika daya dari PLN 30.000 watt, maka Anda hanya bisa memasang solar cell dengan daya dibawahnya.

Mengurangi Ketergantungan

Pemasangan panel surya dapat membantu Anda untuk mandiri dan tidak bergantung pada PLN dalam menyuplai kebutuhan listrik setiap hari.

Kekurangan Energi Surya

Sumber Tenaga Tidak Konsisten

Matahari hanya bersinar di siang hari saja sehingga energy yang dihasilkan belum cukup merata di beberapa lokasi. Hal ini dikarenakan beberapa rumah yang lokasinya tertutup oleh gedung tinggi maupun pepohonan akan sulit menerima sinar matahari sehinga tidak maksimal. Selain itu meskipun dalam musim panas sekalipun, sinar matahari yang dihasilkan tidak terlalu terang sehingga panel surya hanya menampung energi panas yang sedikit. Kondisi tersebut mengakibatkan berkurangnya asupan tenaga listrik rumah Anda.

Biaya Pemasangan Cukup Besar

Memilih untuk menggunakan tenaga surya memanglah salah satu cara penghematan energi, akan tetapi Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memasang solar cell. Hal inilah yang menjadi pertimbangan cukup lama untuk memutuskan pemasangan panel surya di rumah.

Perawatan Sendiri

Konsumen harus bersiap untuk melakukan perbaikan sendiri jika terjadi masalah pada panel surya di rumahnya. Bagi Anda yang sudah memutuskan untuk menggunakan tenaga surya maka harus rutin membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada panel agar tidak menurunkan kinerja listrik. 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *