Keunggulan dan Kelemahan Prosesor Intel

Keunggulan dan Kelemahan Prosesor Intel

Processor sering dikenal sebagai otak sekaligus pusat pengendali komputer dengan dukungan kompunen yang lainnya. letak Processor berapa pada soket yang disediakan motherboard, dan bisa diganti dengan processor lain asal sesuai dengan socket tersebut. Jenis dan kapasitas processor juga menjadi salah satu pengaruh yang besar terhadap kecepatan komputer. banyak Merk prosesor yang beredar dipasaran seperti AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan sebagainya. Diantara beberapa merek tersebut, berikut akan diulas mengenai keunggulan dan kelemahan dari processor asal Amerika, Intel.

Keunggulan dan Kelemahan Prosesor Intel

Keunggulan Prosesor Intel

Sebenarnya, masing-masing jenis produk prosesor intel memiliki spesifikais yang berbeda sehingga keunggulannya pun berbeda-beda. Namun prosesor merek ini secara umum memiliki kenggulan antara lain:

  • Temperaturnya bisa diatur oleh processor itu sendiri (kecepatan akan otomatis dikurangi jika processor terlalu panas)
  • Dibandingkan prosesor lain seperti AMD, Pipeline pada intel lebih panjang
  • Merek ini unggul dalam hal brand image serta marketnya.
  • Kinerja produk prosesornya Pentium 4 dengan harga standar sudah lumanyan cepat.
  • Beberapa uji joba permorma membuktikan bahwa dibandingkan prosesor lain (AMD) ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun.

pada aplikasi multimedia Prosesor ini lebih kuat daripada porsesor AMD:

Intel Turbo Boost: performanya ditingkatkan dengan secara otomatis meningkatkan frekuensi core sesuai dengan permintaan pemakai. ( Core i5 dan i7 ). Contoh: Processor Core i-7 720QM memiliki minimum clock speed sebesar 1.60 GHz. Saat menjalankan aplikasi yang memerlukan clock speed tinggi, maka secara otomatis Processor meningkatkan clock speednya hingga maksimum 2.93 GHz. Begitupun saat tidak dibutuhkan, maka clock speednya akan menurun otomatis di angka minimum clock speed.

Intel HD Graphics: termasuk Grafik yang sudah high definition bila dibandingkan dengan Graphics pada Core 2 Duo. Grafik pada core-i sudah jauh lebih bagus karena juga telah HD. ( Pada Core i3, i5 dan i7 ). Dibekali Maksimum Memory RAM hingga 16GB ( Maksimum memory tergantung tipe processor  masing-masing).

Sudah Menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz.

Core i3 = 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way )

Core i5 = 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way ) serta Turbo Boost

Core i7 = 4 Core, Hyperthreading ( 8 Way ) serta Turbo Boost

Dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7, suhu Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat. Untuk gaming kelas FPS, angka yang dimiliki Core i9 relatif. Hasil tes dengan memainkan benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament diunggulkan oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Pada Game Left 4 Dead sendiri lebih unggul Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Corei7.

Kelemahan Prosesor Intel

Beberapa kelemahan prosesor ini  diantaranya:

  • Lemah dalam urusan grafis , gaming serta program 3D bila dibandingkan dengan AMD misalnya.
  • Untuk menggunakan prosesor ini Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit apalagi jika yang diinginkan performa tinggi yang di hasilkan oleh prosesor core i

Sebenarnya, Kelemahan-kelemahan tersebut tidak terlalu berarti mengingat perbaikan performa yang dilakukan perusahaan dari negeri paman sam ini sudah sangat maju terutama dengan rilisnya Core i7 dan Core i9. Setelah diuji, Kemampuan grafis, gaming dan 3D nya pun memiliki angka relative.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *