Keuntungan Menggunakan Uang Digital Elektronik Prabayar

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih muncul banyak trand yang semakin mempermudah manusia. Salah satunya adalah yang akan kita bahas dalam artikel ini yaitu uang digital. Mungkin sebagian pembaca baru mengetahui uang yang disebut juga dengan uang elektronik.

Perbedaan Pembayaran Kredit Dengan Prabayar

Uang dalam bentuk digital ini digunakan untuk pembayaran yang sistemnya digital juga. Di Indonesia sekarang sedang dikampanyekan penggunaan uang elektronik tujuannya agar masyarakat memahamid an dapat mengakses layanan uang digital dari perbankan.

Dengan adanya teknologi terbaru ini diharapkan masyarakat dapat menjalankan transaksi tanpa harus menggunakan uang tunai atau uang fisik untuk melakukan kegiatan ekonominya. Berdasarkan jenisnya uang elektronik dibagi menjadi dua jenis yaitu: menggunakan kartu prabayar dan kartu kredit.

Dengan teknologi kartu kredit memungkinkan para penggunanya melakukan sistem pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang, artinya pengguna berhutang pada pihak bank tanpa harus mengajukan pinjaman di setiap transaksi yang dilakukan. Sedangkan teknologi kartu prabayar adalah kartu elektronik yang memungkinkan pengguna membawa uang dalam bentuk digital yang jumlah nominalnya sudah dimasukkan terlebih dulu sebelumnya.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui perbedaan antara kartu kredit dengan kartu prabayar, yaitu: kartu kerdit Anda membawa uang yang dipinjam dari bank, sedangkan kartu prabayar adalah uang yang Anda miliki namun dalam bentuk digital.

Baca Juga: Ragam Cara Pembayaran Saat Belanja Online

Keuntungan Menggunakan Pembayaran Elektronik Prabayar

Ada banyak keuntungan jika Anda menggunakan pembayaran uang elektronik pra bayar dibandingkan dengan cara pembayaran kartu kredit salah satunya adalah dari segi keamanan. Apabila kartu kredit hilang bisa digunakan oleh siapapun untuk bertransaksi. Sedangkan kartu prabayar maksimal jumlahnya adalah Rp 1 juta rupiah, jadi jika kehilangan jumlahnya tidak akan sebesar kartu kredit.

Selain itu masih ada keuntungan menggunakan kartu elektronik prabayar, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa digunakan untuk pembayaran transportasi umum.

Apabila Anda berdomisili di Jakarta, memiliki kartu prabayar bisa dijadikan alat pembayaran transportasi umum, seperti: kereta rel listrik atau bis Trans Jakarta. Umumnya masalah yang sering terjadi jika menggunakan pembayaran di loket tiket biasa terjadi antrian yang panjang. sedangkan jika memiliki kartu prabayar Anda bisa membeli tiket di tempat sendiri dan prosesnya relatif cepat jadi tidak perlu lagi mengantri.

Saat ini busway sudah menerapkan penggunaan uang elektronik, bahkan di beberapa terminal busway sudah tidak lagi melayani penggunaan uang fisik. Dengan demikian jika Anda berkunjung ke Jakarta dan akan menggunakan transportasi Trans Jakarta sebaiknya memiliki uang eletronik untuk pembayaran tiket.

  • Pembayaran jika belanja di swalayan atau minimarket.

Beberapa jenis minimarket dan swalayan seperti Indomart dan Alfamart sekarang sudah bisa menerima uang digital elektronik. Dengan pembayaran ini belanja jadi lebih mudah dan tidak perlu khawatir membawa uang banyak. Selain itu prosesnya cepat hanya dengan menempelkan artu pada mesin teknologi Near Field Communication (NFC) Anda sudah bisa berbelanja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *