Keuntungan Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Keuntungan Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya pada dasarnya memiliki 2 cara, yang pertama adalah menggunakan fotovoltaik secara langsung dan juga secara tidak langsung dengan menggunakan tenaga matahari sebagai pusatnya.  Cara kerja fotovoltaik yaitu menggunakan energi cahaya secara langsung dan dirubah menjadi listrik dengan menggunakan efek fotoelektrik. Sedangkan cara yang kedua menggunakan sistem lensa dan nantinya akan dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk pemusatan energi surya dan dapat menggerakkan mesin kalor.

Keuntungan Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Seputar Fotovoltaik

Sel fotovoltaik dibuat pertama kali pada tahun 1883 oleh pencetusnya bernama Charles Fritts, di mana alat ini berfungsi untuk mengubah tenaga surya atau energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan efek fotoelektrik. Pembangkit tenaga listrik tipe ini adalah dapat menghasilkan listrik dengan memanfaatkan perbedaan tegangan akibat adanya efek fotoelektrik. Untuk setiap solar panelnya memiliki 3 lapisan yakni lapisan panel P di bagian atas, yang kedua lapisan pembatas di bagian tengah dan yang ketiga adalah lapisan panel N pada bagian bawah.

Untuk proses fotolektrik sendiri berasal dai sinar matahari yang nantinya menyebabkan elektron pada lapisan P akan terlepas, dan menyebabkan proton akan mengalir ke arah lapisan panel N dan perpindahan arus ini akan menghasilkan arus listrik.

Keuntungan Menggunakan Listrik tenaga Surya

Bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan tenaga surya sebagai pembangkit listrik di rumah merupakan satu hal yang menarik. Pasalnya tak banyak warga yang memilih cara yang satu ini. Banyak masyarakat yang lebih memilih PLN untuk menerangi tempat tinggal mereka. Semua itu tergantung dari kebutuhan tiap masyarakat itu sendiri

Bagi Anda yang selama ini menggunakan tenaga surya sebagai pembangkit listrik, maka berikut ini akan ada keuntungan-keuntungan yang sebenarnya Anda dapatkan dari sana. Apa saja keuntungannya? Simak informasinya di bawah ini, antara lain:

  • Menghemat biaya. Ketika Anda memutuskan menggunakan tenaga surya untuk pembangkit listrik, maka otomatis Anda sudah dapat menghemat biaya listrik jangka panjang.
  • Mengurangi Ketergantungan. Anda dapat mengurangi ketergantungan dari pembangkit listrik yang berasal dari batu bara yang notabene adalah bahan tambang. Sehingga secara tidak sadar, Anda sudah membantu menghemat sumber daya alam yang ada di Indonesia.
  • Menghindari pemadaman. Listrik merupakan satu hal yang penting untuk menunjang aktivitas Anda, dengan menggunakan tenaga matahari ini, maka Anda bisa terhindar dari ancaman pemadaman yang biasanya dilakukan oleh pihak PLN.
  • Mengurangi pemanasan global karena yang digunakan adalah sistem solarpanel yang dapat menghasilkan energi dan pastinya ramah lingkungan.
  • Eksistensi diri. Dengan menggunakan sistem solarpanel Anda bisa bercerita dan sedikit pamer ke kerabat dan juga teman bahwa kini Anda telah bergabung ke komunitas pengguna solar panel yang ada di dunia.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *