Kiat Mudah Menggunakan Uang Digital dengan Bijak

Uang merupakan alat transaksi agar Anda bisa mendapatkan barang atau jasa yang Anda butuhkan. Salah satu jenis uang adalah uang digitalUang elektronik atau e-money tersebut adalah uang yang dipergunakan untuk transaksi internet dengan menggunakan cara elektronik. Agar uang tersebut bisa digunakan maka Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu dan uang elektronik tersebut akan berkurang nilainya jika Anda menggunakannya.

Penerbitan e-money sendiri adalah hasil dari keputusan Bi dengan tujuan agar dapat mengurangi peredaran uang tunai dan menekan biaya cetak uang yang cukup mahal. Keunggulan menggunakan e-money adalah Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak sehingga Anda bisa menekan resiko kejahatan misalnya pencopetan. Akan tetapi, walaupun uang tersebut berbentuk elektrik, Anda tetap harus menggunakannya dengan bijaksana sehingga e-money Anda tidak habis dengan cepat dan pengeluaran Anda menjadi lebih boros.

Terdapat cara bijak menggunakan uang digital agar pengeluaran Anda tidak boros. Pertama adalah anggap jika e-money tersebut seperti uang tunai. Walaupun uang elektronik lebih sederhana, namun tidak sedikit yang lupa jika uang tersebut akan habis saat digunakan karena penggunaannya yang hanya di gesek dan juga tidak terlalu sering mengetahui jumlah saldo yang dimiliki. Jadi, pergunakan uang elektronik tersebut hanya saat Anda membutuhkannya.

Baca Juga: Sekilas Tentang Uang digital

Kedua adalah hindari untuk mengisi saldo e-money terlalu banyak. Tidak hanya karena bisa membuat Anda menjadi sering menggunakannya namun juga karena jika e-money tersebut hilang maka uang yang Anda miliki juga hilang sebesar uang elektrik yang ada di dalam kartu tersebut. Ketiga adalah jangan memberikan e-money dengan nominal yang terlalu besar ke orang terutama anak Anda yang belum mengerti mengenai keuangan. Walaupun Anda memberikan e-money pada anak Anda agar ia bisa belajar mengatur keuangan, akan tetapi sebaiknya e-money tersebut diisi dengan nominal yang sedikit sehingga bisa membiasakan diri agar anak mengatur keuangan dengan jumlah terbatas.

Cara bijak dan sederhana untuk penggunaan e-money agar tidak boros yaitu:

  • Sesuaikan jenis uang elektronik dengan kebutuhan Anda. Ada jenis e-money untuk membayar tol, untuk transportasi publik ataupun untuk berbelanja. Sehingga, pilih jenis e-money yang paling Anda butuhkan.
  • Hindari penggunaan e-money untuk transaksi yang cukup besar. Walaupun Anda menggunakan uang elektronik untuk berbelanja di merchant tertentu namun sebaiknya gunakan e-money untuk keperluan tertentu dan transaksi dalam jumlah besar bisa menggunakan debit atau kartu kredit.
  • Hindari untuk membayar tagihan dengan menggunakan e-money karena berpotensi untuk menimbulkan masalah keamanan yang cukup serius.
  • Perhatikan juga biaya tambahannya.

Namun, diantara cara tersebut, yang paling dasar dalam penggunaan uang digital yang bisa Anda lakukan adalah Anda harus disiplin dan membatasi diri untuk menggunakannya misalnya digunakan untuk transaksi di bawah Rp 50.000.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *