Langkah Tepat Mencetak Menggunakan Printer 3D

Langkah Tepat Mencetak Menggunakan Printer 3D

Printer 3D atau manufaktur aditif adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari file digital. Penciptaan objek dicetak 3D dicapai menggunakan proses aditif. Dalam proses aditif suatu objek dibuat dengan meletakkan lapisan material berturut-turut sampai objek dibuat. Masing-masing lapisan ini dapat dilihat sebagai penampang horizontal yang diiris tipis dari objek akhirnya. Semuanya dimulai dengan pembuatan model 3D di komputer Anda. Desain digital ini misalnya file CAD (Computer Aided Design).

Langkah Tepat Mencetak Menggunakan Printer 3D 

Model 3D dibuat dari dasar dengan perangkat lunak pemodelan 3D atau berdasarkan data yang dihasilkan dengan pemindai 3D. Dengan pemindai 3D, Anda dapat membuat salinan digital objek. Perangkat lunak pemodelan 3D sering dibuat untuk menyesuaikan fungsi industri pengguna. Hal ini mengakibatkan munculnya perangkat lunak yang sesuai dengan ceruk khusus. Akibatnya, ada aplikasi perangkat lunak di pasar yang melayani kedirgantaraan atau transportasi, desain furnitur atau kain dan mode di antara banyak lainnya.

 Berikut ini langkah untuk mencetak dengan printer 3D, yaitu:

  • Anda harus memotong model 3D agar dapat dicetak 3D. Mengiris membagi model 3D menjadi ratusan atau ribuan lapisan horizontal dan dilakukan dengan mengiris perangkat lunak.
  • Mungkin untuk mengiris file 3D dalam perangkat lunak pemodelan 3D atau di printer itu sendiri. Mungkin juga Anda dipaksa untuk menggunakan alat pengiris tertentu untuk printer tertentu.
  • Ketika model 3D Anda diiris, Anda siap untuk memberikannya ke printer Anda. Ini dapat dilakukan melalui USB, SD, atau Wi-Fi. Ini benar-benar tergantung pada merek printer apa yang Anda gunakan. Ketika sebuah file diunggah dalam printer, objek tersebut siap untuk dicetak 3D lapis demi lapis.

Pencetakan 3D adalah proses di mana objek fisik yang nyata dibuat berdasarkan cetak biru desain 3D. Pencetakan 3D adalah teknologi baru yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986. Bagi banyak orang, pencetakan 3D tidak kurang dari teknologi. Kemampuan untuk membuat objek dari bawah benar-benar mengherankan bagi banyak orang. Proses pencetakan ini melahirkan seluruh konsep pencetakan 3D, karena memungkinkan produksi objek 3D dari desain digital. Ini memungkinkan penciptaan model 3d dari gambar atau cetak.

Memulai dengan pencetakan 3D berarti bertanya pada diri Anda apa yang ingin Anda pelajari lebih dulu. Anda harus fokus pada hasil akhir untuk membuat objek yang mana Anda dapat mengarahkan Anda pada keputusan apakah Anda harus membeli Printer yang sudah dirakit sebelumnya atau perangkat Printer 3D. Ketika pabrikan menggunakan suku cadang berkualitas tinggi (motor, bingkai, elektronik), ini akan mempengaruhi harga produk akhir. Ketika bagian-bagiannya berkualitas tinggi, itu tidak secara otomatis berarti hasil cetak akan bagus, selain itu juga ada banyak faktor lain yang berperan juga.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *