Layanan yang Bisa Diperoleh Lewat Teknologi e-Banking

Perbankan meningkatkan pelayanannya dengan adanya e-banking. Teknologi e-banking tersebut memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan perbankan seperti transaksi hanya dengan menggunakan jaringan internet. E-banking sendiri sudah diatur dalam peraturan BI no. 9/15/PBI/2007. Sehingga dengan menggunakan e-banking tersebut Anda bisa melakukan aktivitas perbankan seperti transaksi dengan nyaman dan mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja Anda mau asal ada jaringan internet.

Dari e-banking tersebut, terdapat layanan yang bisa Anda peroleh. Pertama adalah penggunaan fungsi ATM yang lebih luas. Dengan adanya ATM, Anda tidak hanya bisa transfer, pengambilan uang tunai namun juga bisa melihat saldo yang Anda miliki. Sayangnya, ATM hanya ada di tempat tertentu sehingga Anda harus mencari ATM terlebih dahulu untuk tarik tunai tanpa harus ke bank. Kedua adalah EDC atau electronic data capture yang berfungsi untuk transaksi jual beli lewat kartu kredit. Dengan adanya EDC ini, Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai karena Anda hanya tinggal gesek untuk transaksi yang Anda lakukan.

Ketiga adalah internet banking yang memungkinkan Anda untuk bisa transaksi tanpa harus ke bank. Dengan menggunakan layanan dari teknologi e-banking ini membuat Anda serasa seperti memiliki teller sendiri. Jadi, dengan internet banking tersebut Anda hampir bisa melakukan semua hal yang biasanya Anda lakukan di bank termasuk untuk membayar tagihan telepon, listrik. Untuk bisa menggunakan layanan ini, maka Anda harus mendatangi bank tersebut kemudian mengisi formulir dan nantinya Anda akan diberi token, user ID dan password, OTP (one time password) lewat SMS untuk registrasi nya.

Keempat adalah SMS banking. Jika Anda tidak memiliki paket data yang bisa Anda gunakan untuk berinternet banking maka Anda bisa menggunakan layanan sms banking. Layanan ini hampir sama dengan internet banking bahkan fitur yang ditawarkan namun Anda harus memiliki pulsa yang cukup untuk bisa menggunakan layanan dari perbankan ini serta kode khusus misalnya untuk transfer uang.

Layanan yang lainnya yang bisa Anda dapatkan dari teknologi e-bankingadalah:

  • Mobile banking dimana Anda bisa mendapatkan layanan dari kombinasi SMS banking dan Internet banking namun Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu SIM card lewat aplikasi bank untuk smartphone Anda. Dengan m-banking ini Anda bisa melakukan pengecekan saldo, transfer dimana saja dan kapan saja.
  • Phone banking. Anda hanya perlu menelpon ke bank untuk bisa melakukan transaksi tanpa harus pergi ke ATM ataupun menggunakan koneksi internet. Namun Anda tetap harus mendaftar dulu untuk bisa memperoleh PIN Phone banking untuk otorisasi atau izin transaksi lewat telepon.
  • Video banking dimana Anda bisa transaksi seolah-olah berhadapan dengan teller langsung seperti halnya saat Anda ke bank. Akan tetapi, layanan ini hanya bisa dilakukan saat sabtu dan minggu.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *