List Fakta Menakutkan Robot Hasil Artificial Intelligence

List Fakta Menakutkan Robot Hasil Artificial Intelligence

Tidak dapat dipungkiri jika perkembangan jaman semakin pesat sehingga teknologi terbaru mulai ada dan berkembang. Salah satunya adalah dengan adanya artificial intelligence atau yang disebut dengan AI. Kecerdasan buatan ini mulai berkembang pada tahun 1950 saat Alan Touring memperkenalkan touring test di dalam karya ilmiahnya. Sejak itu, perkembangan AI semakin pesat dan hal tersebut dibuktikan hingga saat ini sudah banyak robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dengan tujuan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

List Fakta Menakutkan Robot Hasil Artificial Intelligence 

Akan tetapi, robot-robot tersebut juga memiliki fakta yang menakutkan yang harus diwaspadai. Pertama adalah robot yang bisa memperbaiki diri. Berdasarkan pada karya ilmiah yang ditulis pada tahun 2015, menyebutkan jika ada sebuah robot yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri bahkan ketika robot tersebut sudah kehilangan 2 dari 6 kaki yang dimiliki. Walaupun dia tidak tahu jika robot tersebut rusak, namun robot tahu jika performanya menurun sehingga lewat AI yang ditanamkan padanya, ia tahu ada yang salah dan kemudian memperbaiki dirinya sendiri. Dari catatan ilmiah tersebut, setelah memperbaiki diri, robot mampu memproses 13 ribu gerakan dari 10 pangkat 47 perilaku berbeda sehingga robot punya kecerdasan buatan tanpa batas. 

Kedua adalah mampu untuk menulis berita. Artificial intelligence atau Ai yang tertanam pada robot yang dibuat memungkinkan robot mampu untuk membaca artikel pada koran Los Angeles times. Ia mampu membaca tata bahasa dan cerita pada koran tersebut mempergunakan data dari seismograph. Teknologi yang dikembangkan Larry Birnbaum yang merupakan professor jurnalisme dan juga kepala intelligent information laboratory dari Universitas Northwestern ini menggabungkan statistik dan grafik dari berbagai sumber yang tertulis.

Ketiga adalah ternyata robot juga bisa belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan robot yang dikembangkan sendiri oleh Google. Browser terbesar saat ini tersebut mengembangkan sistem AI yang memungkinkan robot untuk bisa belajar sendiri kala bermain Atari 2600. Dari sistem kecerdasan buatan tersebut sudah dibuktikan dengan robot yang mampu mengalahkan beberapa pemain yang terbaik. Dari bukti tersebut membuktikan bahwa robot mampu meningkatkan kemampuan mendekati bahkan melampaui kemampuan manusia. 

Keempat adalah lebih pintar dari manusia. Sadar atau tidak, kemampuan artificial intelligence yang tertanam pada robot, tidak hanya membuat robot semakin pintar namun bisa melampaui manusia. Di tahun 2013, kecerdasan buatan sudah memiliki kecerdasan atau kemampuan yang setara dengan anak yang berusia 4 tahun. Bahkan di tahun 2014, supercomputer mampu untuk memecahkan soal matematika dari Perbedaan Erdos dari tahun 1930. Dari prediksi para ahli, mengemukakan jika di tahun 2029, sistem AI akan sejajar dengan kecerdasan pria dewasa dan dengan hal tersebut bukan hanya memungkinkan robot dengan sistem AI mampu meramal dan sejajar dengan manusia namun juga bisa menguasai dunia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *