Manfaat Bluetooth Beacon Untuk Penunjang Kegiatan Bisnis

Semakin maraknya bisnis online, semakin banyak tantangan dan persaingan antar para pembisnis. Agar tidak tertinggal oleh para pesaing, sudah seharusnya para pembisnis selalu update dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Secara khusus, kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis adalah Bluetooth beacon.

Pengertian Beacon

Lalu pertanyaannya adalah apa itu beacon? bagi sebagian orang mungkin baru mendengar istilah ini. Bluetooth beacon adalah teknologi nirkabel atau Bluetooth low energy (BLE). Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dan dapatkan jika menggunakan teknologi ini, contohnya mendapatkan informasi dan lokasi yang akurat dibandingkan dengan GPS, Wifi dan NFC.

Pada dasarnya teknologi ini membantu pengguna dalam hal transmisi data dalam jumlah atau jarak yang kecil, yaitu hingga 50 meter. Namun beacon berbeda dengan teknologi penunjuk lokasi lainnya. Pada beacon diperlukan satu arah pemancar dan aplikasi khusus yang harus didownload di smartphone android pengguna. Tujuannya agar dapat menerima transmisi.

Mungkin Anda pernah mendengar teknologi iBeacons, yaitu teknologi beacon yang digunakan oleh perusahaan besar Apple. Saat ini teknologi iBeacons menjadi salah satu teknologi yang paling popular dan banyak digunakan di pasar. Beacon berbeda dengan teknologi berbasis lokal lainnya. Sebagai pemancai siaran ia hanya memiliki satu arah pemancar yang mengarah ke smartphone yang menerima. Dengan catatan smartphone tersebut sudah ada aplikasi yang harus diinstal.

Pada tahun 2015 yang lalu, bisa dibilang tahunnya beacon. Karena pada tahun tersebut semakin banyak masyarakat yang menyukai kehadiran sistem beacon Bluetooth yang satu ini.

Baca Juga: Pengertian Bluetooth Beacon

Manfaat Beacon Untuk Bisnis

Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari beacon, salah satunya adalah dimanfaatkan sebagai sarana kegiatan bisnis. Adapun manfaat beacon untuk aktivitas bisnis antara lain adalah sebagai berikut.

Sebagai Alat Atau Media Periklanan

Dengan teknologi ini, para pembisnis dapat menarik para pelanggan karena beacon dapat membuat pesan iklan yang langsung diterima oleh pengguna. Selain itu beacon dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Tidak hanya itu, dengan teknologi ini aplikasi loyalitas bisa digunakan bersama, tujuannya untuk menghargai pelanggan dengan berbagai tindakan berbasis lokasi. Artinya dengan menggunakan teknologi ini dapat memecahkan masalah keterbatasan fisik.

Meningkatkan Pengunjung Yang Potensial

Dengan adanya smartphone android semakin banyak pengguna yang memilih belanja online. Dengan adanya beacon, dapat menjadi jembatan yang berguna antara toko fisik dan online. Karena beacon bekerja melalui aplikasi mobile dan mampu meningkatkan keterlibatan para pengguna.

Dengan adanya teknologi bluetooth beacon ini, aktivitas bisnis Anda berpeluang berkembang dan meningkatkan pengunjung atau konsumen yang potensial. Demikian pembahasan seputar teknologi terbaru khususnya mengenai beacon, semoga bermanfaat!

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *