Manfaat dan Bahaya Penggunaan Smartwatch di Kehidupan Sehari-hari

Manfaat dan Bahaya Penggunaan Smartwatch di Kehidupan Sehari-hari

Dewasa ini banyak sekali produk gadget yang beredar di pasaran dan sudah digunakan secara luas termasuk di Indonesia. Smartphone memang menjadi satu yang paling banyak digunakan namun bukan yang satu-satunya. Selain smartphone, ada juga smartwatch atau jam pintar yang bisa Anda gunakan sebagai gadget tunggal maupun untuk menunjang penggunaan smartphone Anda. Meski memiliki bentuk yang hampir mirip jam digital biasa, namun jam pintar memiliki prosesor layaknya komputer untuk memberikan berbagai manfaat. Apa saja manfaat dari jam pintar tersebut? Berikut ini adalah ulasan manfaat jam pintar untuk kehidupan sehari-hari penggunanya.

 Manfaat dan Bahaya Penggunaan Smartwatch di Kehidupan Sehari-hari

Sebagai gadget tunggal, jam pintar dapat memberikan fungsi layaknya jam tangan konvensional yaitu menunjukkan waktu. Namun untuk kelebihan lainnya, jam pintar perlu dikoneksikan dengan internet. Caranya adalah dengan mengkoneksikan jam pintar dengan smartphone sebagai sumber koneksi internet. Dengan menggunakan jam pintar ini, Anda akan bisa melakukan fungsi penggunaan smartphone tanpa menyentuh smartphone. Koneksi dilakukan melalui bluetooth sehingga tak ada kabel yang menjadi penghubung antara smartphone dan jam pintar Anda. Dengan begitu ketika beraktivitas, Anda tak perlu menggenggam smartphone untuk bisa melakukan panggilan dan fitur-fitur smartphone lainnya.

Berikut ini adalah manfaat jam pintar yang dapat dimiliki jika Anda menghubungkannya dengan smartphone yang kompatible.

  • Melihat kondisi cuaca.

Dengan akses internet, smartwatch akan bisa menampilkan informasi mengenai perkiraan cuaca secara up to date kepada Anda.

  • Menentukan lokasi.

Jam pintar juga dapat mengakses gps untuk menunjukkan dimana letak Anda saat menggunakannya. Beberapa jam pintar juga sudah memiliki aplikasi untuk memberikan alarm kepada penggunanya mengenai jarak antara jam pintar dengan smartphone sehingga dapat menjadi tanda bahaya saat smartphone berada cukup jauh dari pengguna.

  • Menggunakan smartphone.

Jam pintar selain melakukan aplikasi secara mandiri juga dapat difungsikan sebagai perantara smartphone. Anda dapat membaca sms, melakukan panggilan hingga menjalankan aplikasi lainnya di smartphone tanpa perlu menyentuh smartphone Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menggunakan smartphone saat melakukan kegiatan lainnya misalnya lari pagi, bekerja dan sebagainya karena jam pintar diikatkan di lengan tanpa perlu memeganginya.

Selain manfaat yang beragam, ada juga bahaya yang mengintai saat Anda menggunakan fitur jam pintar ini. Jam pintar yang berada di lengan pengguna dapat mengukur detak jantung dan ritme irama jantung, informasi tersebut di takutkan akan bisa tersadap oleh aplikasi dan disebarkan secara tidak bertanggung jawab. Namun sampai saat ini belum ada bukti yang dapat membenarkan asumsi tersebut sehingga smartwatch bisa menjadi pilihan gadget untuk semakin mempermudah kehidupan Anda terutama dalam hal penggunaannya bersama smartphone. Pastikan jam pintar yang Anda beli kompatibel dengan merk dan type smartphone agar bisa digunakan bersamaan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *