Home Produk Teknologi Manfaat dan Penjelasan Mengenai Teknologi Nano Buat Masa Depan Umat Manusia

Manfaat dan Penjelasan Mengenai Teknologi Nano Buat Masa Depan Umat Manusia

by Jenny Harvey

Teknologi nano adalah rekayasa sistem fungsional pada tingkat molekul. Ini mencakup baik pekerjaan saat ini dan konsep yang lebih maju. Dalam arti aslinya, nanoteknologi mengacu pada kemampuan diproyeksikan untuk membangun item dari bawah ke atas, menggunakan teknik dan alat yang dikembangkan saat ini untuk membuat lengkap, produk kinerja tinggi.

Teknologi Nano atau nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atom, molekul, dan supramolekul., Deskripsi luas awal nanoteknologi disebut tujuan teknologi tertentu justru memanipulasi atom dan molekul untuk fabrikasi produk macroscale, juga sekarang disebut nanoteknologi sebagai molekul. Sebuah deskripsi yang lebih umum dari nanoteknologi kemudian didirikan oleh National Nanotechnology Initiative, yang mendefinisikan nanoteknologi sebagai manipulasi materi dengan setidaknya satu dimensi berukuran dari 1 sampai 100 nanometer.

Definisi ini mencerminkan fakta bahwa efek mekanika kuantum yang penting pada skala kuantum-wilayah ini, sehingga definisi bergeser dari tujuan teknologi tertentu untuk kategori penelitian termasuk semua jenis penelitian dan teknologi yang berhubungan dengan sifat-sifat khusus dari materi yang terjadi di bawah ambang batas ukuran tertentu. Oleh karena itu umum untuk melihat bentuk jamak “teknologi nano” serta “teknologi nano” untuk merujuk pada berbagai penelitian dan aplikasi yang sifat umum adalah ukuran. Karena berbagai aplikasi yang potensial (termasuk industri dan militer), pemerintah telah menginvestasikan miliaran dolar dalam penelitian nanoteknologi.

Teknologi nano seperti yang didefinisikan oleh ukuran secara alami sangat luas, termasuk bidang ilmu pengetahuan yang beragam seperti ilmu permukaan, kimia organik, biologi molekuler, fisika semikonduktor, microfabrication, teknik molekuler, dll [4] penelitian dan aplikasi yang terkait sama-sama beragam, mulai dari ekstensi fisika perangkat konvensional untuk pendekatan yang sama sekali baru berdasarkan molekul self-assembly, dari pengembangan bahan-bahan baru dengan dimensi pada skala nano untuk mengarahkan kontrol materi pada skala atom.

Baca Juga: Manfaat dan Penjelasan Sejarah Mengenai Kecerdasan Buatan Untuk Masa Depan

Satu nanometer (nm) adalah satu miliar, atau 10-9, meter. Sebagai perbandingan, panjang ikatan karbon-karbon yang khas, atau jarak antara atom-atom ini dalam molekul, berada di kisaran 0,12-0,15 nm, dan DNA double-helix memiliki diameter sekitar 2 nm. Di sisi lain, terkecil bentuk kehidupan selular, bakteri dari genus Mycoplasma, sekitar 200 nm panjang. Dengan konvensi, nanoteknologi diambil sebagai rentang skala 1 sampai 100 nm mengikuti definisi yang digunakan oleh Nanoteknologi Initiative Nasional di AS. Batas bawah ditetapkan oleh ukuran atom (hidrogen memiliki atom terkecil, yang kira-kira seperempat dari diameter nm) sejak nanoteknologi harus membangun perangkat yang dari atom dan molekul. Batas atas kurang lebih sewenang-wenang tetapi sekitar ukuran di bawah ini yang fenomena tidak diamati dalam struktur yang lebih besar mulai menjadi jelas dan dapat dimanfaatkan dalam perangkat nano. Fenomena baru membuat nanoteknologi berbeda dari perangkat yang hanya miniatur versi perangkat makroskopik setara; perangkat tersebut pada skala yang lebih besar dan datang di bawah deskripsi microtechnology.

Dua pendekatan utama yang digunakan dalam nanoteknologi. Dalam “bottom-up” pendekatan, materi dan perangkat yang dibangun dari komponen molekul yang merakit sendiri kimia oleh prinsip-prinsip pengakuan molekul. Dalam pendekatan “top-down”, nano-objek yang dibangun dari entitas yang lebih besar tanpa kontrol atom-level.

Bidang fisika seperti nanoelectronics, nanomechanics, nanophotonics dan nanoionics telah berevolusi selama beberapa dekade terakhir untuk memberikan landasan ilmiah dasar nanoteknologi.

Baca Juga:  Gelang Android Canggih yang Harus Dibeli

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More