Manfaat Dari Adanya Uang Digital Sebagai Alat Pembayaran Online

Dunia sedang berkembang ke arah yang semakin modern. Dunia yang serba cepat ini juga mempengaruhi beberapa perubahan.seperti dalam alat pembayaran dengan menggunakan mata uang digital. Banyak manfaat dan keuntungan apabila Anda menggunakan yang biasanya di sebut juga e-money.

mata uang digital atau uang digital berbeda dari fisik (seperti uang kertas dan koin) yang menunjukkan sifat yang mirip dengan mata uang fisik, tetapi memungkinkan untuk transaksi seketika dan tanpa batas pengalihan-o. Kedua mata uang virtual dan cryptocurrencies adalah jenis mata uang digital, namun sebaliknya tidak benar. Seperti uang tradisional mata uang tersebut dapat digunakan untuk membeli barang-barang fisik dan jasa, tetapi juga bisa dibatasi untuk masyarakat tertentu seperti misalnya untuk digunakan dalam sebuah game on-line atau jaringan sosial.

mata uang digital dapat didefinisikan sebagai bentuk berbasis internet dari mata uang atau alat tukar yang berbeda dari fisik (seperti uang kertas dan koin) yang menunjukkan sifat yang mirip dengan mata uang fisik, tetapi memungkinkan untuk transaksi seketika dan tanpa batas pengalihan-of-kepemilikan. Kedua mata uang virtual dan cryptocurrencies adalah jenis mata uang digital. [

Manfaat dari pembayaran dengan uang digital adalah sebagai berikut:

   Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai.

   Tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk barang (seperti permen) akibat padagang tidak mempunyai uang kembalian bernilai kecil (receh).

   Sangat applicable untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi, seperti: transportasi, parkir, tol, fast food, dll.

Baca Juga: Tips Belanja Aman dengan Kartu Kredit

Perbedaan mendasar mengenai uang elektronik dengan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) adalah uang elektronik bersifat prabayar (prepaid) sedangkan APMK bersifat akses.

Prabayar / prepaid:

   Nilai uang telah tercatat dalam instrumen e-money atau sering disebut stored value

   Dana yang tercatat dalam e-money sepenuhnya berada dalam penguasaan konsumen

   Pada saat transaksi, perpindahan dana dalam bentuk electronic value dari kartu e-money milik konsumen kepada terminal merchant dapat dilakukan secara off-line, dalam hal verifikasi cukup dilakukan pada level merchant (point of sale) tanpa harus on-line ke komputer issuer

Akses (APMK):

   Tidak ada pencatatan dana pada instrumen kartu

   Dana sepenuhnya berada dalam pengelolaan bank sepanjang belum ada otorisasi dari nasabah untuk melakukan pembayaran

   Pada saat transaksi, instrumen kartu digunakan untuk melakukan akses secara on-line ke komputer issuer untuk mendapatkan otorisasi melakukan pembayaran atas beban rekening nasabah, baik berupa rekening simpanan (kartu debet) maupun rekening pinjaman (kartu kredit). Setelah di-otorisasi oleh issuer, rekening nasabah kemudian akan langsung di debet. Dengan demikian pembayaran menggunakan kartu kredit dan kartu debet mensyaratkan adanya komunikasi on-line ke komputer issuer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *