Manfaat Penggunaan Wifi yang Perlu Diketahui  

Perkembangan internet yang semakin lama semakin maju membuat banyak hal yang bisa diakses dan diperoleh informasinya misalnya perkembangan berita. Kebutuhan akan internet tersebut menyebabkan banyak orang yang tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang lebih mulai dari membeli paket data atau berlangganan internet rumah dan tidak jarang menikmati layanan wifi yang disediakan di tempat tertentu.

 

Wireless fidelity merupakan suatu teknologi nirkabel atau wireless yang mempunyai kemampuan menyediakan akses internet dengan bandwidth tang besar hingga mencapai 11 Mbps. Sedangkan tempat yang dilengkapi dengan teknologi internet tersebut disebut dengan hotspot. Di tempat tersebut, seseorang bisa berinternetan dengan cara menyambungkannya ke wireless fidelity dengan atau tanpa menggunakan password yang sudah ditentukan atau disediakan.

 

Pada dasarnya, manfaat atau fungsi wifi dibagi menjadi 3. Pertama adalah aksesibilitas global. Penggunaan teknologi ini memungkinkan Anda untuk tetap bisa menyambungkan diri Anda secara tidak langsung ke dunia luar hanya menggunakan device seperti smartphone atau laptop. Saat ini hampir semua gadget compatible untuk menggunakan teknologi wireless fidelity dan teknologi ini mempunyai standar global sehingga Anda tidak perlu cemas apakah Anda bisa menggunakan teknologi tersebut saat Anda di luar negeri.

 

Kedua adalah memudahkan Anda untuk berkomunikasi. Dengan adanya internet tersebut, Anda bisa saling berkomunikasi dengan orang lain bahkan saat Anda berada di luar negeri. Teknologi ini kerap kali dipasang di perkantoran sehingga pegawai kantor yang ada di tempat tersebut tidak hanya bisa berkomunikasi dengan lebih mudah melalui chat khusus yang disediakan atau yang ditentukan namun juga bisa dengan mudah saling berkirim tugas sesuai dengan jobdesk masing-masing sehingga antara satu karyawan dengan karyawan yang lain tidak perlu datang ke meja atau ke lantai tempat ia ditugaskan hanya untuk mengantarkan pekerjaan, misalnya laporan yang belum fix sebelum diserahkan ke atasan.

 

Ketiga adalah biaya yang lebih efektif. Banyak perusahaan yang memilih untuk memasangkan teknologi wireless ini disebabkan karena cukup efektif tidak hanya dari segi penggunaan namun juga dari segi biaya. Sebab, pemasangannya atau instalasinya cukup cepat dan aman. Setelah pemasangan tersebut, pengguna hanya perlu untuk menyambungkan ke jaringan tersebut. Jikapun dilengkapi dengan keamanan tambahan misalnya hanya untuk kalangan tertentu dan menurunkan resiko hacking oleh pihak tertentu, Anda harus memasukkan password sesuai dengan yang sudah ditentukan. Selain ketiga fungsi utama wifi tersebut, wireless fidelity, juga berfungsi sebagai:

 

  • Pengaman tambahan misalnya untuk pelacakan menggunakan GPS atau program tertentu yang ada di ponsel pintar Anda.
  • Sharing file misalnya file yang cukup besar.
  • Sebagai router nirkabel yang akan sangat berguna untuk personal komputer Anda.
  • Bisa digunakan untuk streaming dengan roaming yang bisa diminimalisir.
  • Sinkronisasi telepon ke laptop tanpa menggunakan kabel USB.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *