Home Produk Teknologi Mari Kita Kenali Lebih Dalam Teknologi Blue Core Dari Yamaha

Mari Kita Kenali Lebih Dalam Teknologi Blue Core Dari Yamaha

by Jenny Harvey

Belum lama ini Yamaha memberi kabar positif ke penggemarnya, mereka mengumumkan bahwa mereka kini memiliki teknologi yang mereka beri nama teknologi  Blue Core. Teknologi ini menurut mereka akan diterapkan pada semua tipe Yamaha yang dipasarkan di Indonesia.

Mereka dari pihak Yamaha  mengkonfirmasi akan menggunakan teknologi blue core adalah motor Mio 125 Blue Core. Blue Core  secara subtansi adalah konsep perancangan mesin dan sasis yang sudah dilakukan Yamaha sejak dua tahun lalu. Tujuan utama konsep ini adalah untuk memaksimalkan energi yang dihasilkan mesin.

Berdasarkan data yang berkembang yakni dari 100 persen energi yang dihasilkan oleh pembakaran mesin ternyata tidak semuanya mampu disalurkan ke roda belakang. Energi ini kemudian, menjadi terbuang dan berubah bentuk panas dan gesekan. Inilah yang dicoba usahakan dan  dimaksimalkan oleh  Yamaha dengan teknologi mutakhir mereka.

Ada tiga poin penting dari teknologi Blue Core, pertama, membuat bobot menjadi lebih ringan, ketika pelepasan panas lebih baik dan mengoptimalkan pembakaran. Kedua, bisa membuat motor Yamaha Anda bisa lebih ringan yakni dengan cara merubah desain pada  sasis dan mengganti komponen mesin dengan bahan yang lebih ringan.

Pada tipe-tipe motor tertentu, memang kapasitas mesin motor Anda bahkan sedikit turun untuk mengurangi gesekan yang terjadi saat piston pada motor anda  bekerja turun dan naik. Walaupun kapasitas mesin dikurangi sedikit, tapi karena gesekannya kurang maka tenaga yang diproduksi bisa saja tidak berubah,  justru bisa meningkat.

Baca Juga:TEKNOLOGI MOTOR BARU BLUE CORE YAMAHA VS ESP HONDA, SIAPA TERDEPAN?

Pembakaran juga diproduksi lebih sempurna dengan cara yakni mengubah desain katup dan injektor bahan bakar. Lewat pembakaran yang bisa mendekat sempurna pada emisi gas buang yang didapatkan juga semakin sedikit, sehingga lebih bersabahat ke lingkungan.

Poin ketiga keuntungan dari teknologi ini,  panas mesin dapat dilepas dengan cepat, maka dari itu pihak Yamaha mendesain sirip pelepas panas lebih banyak dan rapat. Kemudian , sistem pendinginan mesin yang menggunakan air dan oli juga mereka sempurnakan alasannya agar energi yang didapatkan mesin tidak banyak terbuang menjadi energi panas.

Technology ini telah memberikan beberapa keuntungan add-On untuk Kendaraan Yamaha Driven. Berikut adalah daftar beberapa:

   Meningkatkan / Peningkatan Efisiensi Pembakaran (Tumble Arus Effect).

    Mengurangi daya / Teknik Loss (Offset Cylinder).

    Precise Pengendalian Bahan Bakar Pasokan dan pengapian Timing.

    Peningkatan Pendingin Efisiensi (DiASil Cylinder, minyak jet Piston Cooler, Compact Efisiensi Tinggi Cooling Fan).

    Peningkatan drive Angkatan Efisiensi

Yamaha telah menerapkan teknologi blue core ini di sepeda terbaru FZS-FI & Fazer-FI. Teknologi mesin ini menawarkan lebih banyak kekuatan, lebih cepat pick-up, baik efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan dengan emisi yang lebih rendah. Seperti diklaim oleh Yamaha, mesin bensin 149cc BlueCore FZS ini menggunakan bahan bakar injeksi; yang mengembalikan ekonomi bahan bakar yang mengesankan. Sebagai per tes internal Yamaha, yang baru FZS-FI sepeda dengan ‘BlueCore’ memberikan 14% jarak tempuh lebih sebagai terhadap versi karburator sebelumnya FZ ini.

Baca Juga:  Mengenal Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Waktu ke Waktu

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More