Masa Bagaimana Perkembangan Teknologi Bersanding dengan Manusia Saat ini dan Nanti

Masa Bagaimana Perkembangan Teknologi Bersanding dengan Manusia Saat ini dan Nanti

Layaknya makhluk hidup seperti manusia, teknologi kian hari memang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Manusia yang tumbuh dan berkembang dari bayi menjadi orang dewasa, dijadikan konsep yang sama pada perkembangan teknologi. Kian hari, teknologi kian meningkat menjadi lebih maju hingga saat ini bisa dikatakan ia telah mencapai kemajuan pada usia dewasanya.

Masa Bagaimana Perkembangan Teknologi Bersanding dengan Manusia Saat ini dan Nanti

“Dewasa” Teknologi di Dunia

Pernyataan mengenai perkembangan teknologi yang saat ini sudah mencapai tahap dewasa bisa Anda lihat dari fakta-fakta yang ada pada saat ini. Hampir semua bidang kehidupan dipermudah olehnya dan kian hari teknologi yang digunakan manusia juga kian matang. Fakta ini membuat masyarakat dunia harus bersiap dengan perubahan teknologi yang cukup besar dalam kurun waktu dekat ini. Banyak yang memprediksi, kecanggihan teknologi pada masanya bisa sampai hadir pada otak manusia. Hingga nantinya kemajuan yang terjadi pada manusia bergabung dan bersinergi dengan kemajuan teknologi.

Fase-fase Perkembangan Teknologi

Siapa sangka bahwa perkembangan teknologi yang saat ini kita bersama rasakan memiliki fase-fasenya. Ada tahapan-tahapan kemajuan teknologi dibedakan lagi menjadi beberapa fase. Fase yang ditempuh sampai akhirnya antara manusia dengan teknologi benar-benar bersatu yang diprediksi kurang lebih dalam kurun waktu 33 tahun yang akan datang. Berikut masa-masa bagaimana teknologi bisa berkembang, antara lain:

 

  • Masa Surfacing

 

Fase atau masa perkembangan teknologi ini terjadi dalam kurun waktu 1950-1995. Fase ini merupakan perkenalan awal manusia dengan teknologi yang puncaknya terjadi pada tahun 1980 an, yaitu masa dimana munculnya personal computer. Sampai pada akhirnya pada tahun 1990 muncul internet. Keberadaannya kian menyebar membuat internet digunakan untuk mengakses informasi.

 

  • Masa Organizing

 

Masa ini terjadi pada kurun waktu 1990-2015. Dimana mereka yang mengakses internet memiliki peran besar dalam mengatur informasi yang ada di dunia maya yang selanjutnya bisa diakses oleh masyarakat global. Masa ini kemudian mulai muncul smartphone yang memberikan kemudahan pada penggunakan untuk bisa mengakses informasi dengan lebih cepat.

 

  • Masa Extracting

 

Masa ini terjadi dalam kurun waktu 2010-2025. Pada masa ini terjadi pendewasaan dimana ada penggabungan antara teknologi dengan manusia. Dibuktikan dengan pendewasaan situs web, mesin pencarian informasi yang kian pintar, konektivitas juga semakin lancar di berbagai pelosok dunia. Manusia juga menjadi lebih pintar dalam memunculkan teknologi.

 

  • Masa  Anticipating

 

Periode ini terjadi di masa yang akan datang yaitu pada tahun 2020 hingga 2035. Pada masa ini terjadi perluasan teknologi di mana teknologi menjadi lebih mengerti apa keinginan manusia bahkan hingga muncul adanya kecerdasan buatan.

 

  • Masa Elevating

 

Di masa yang akan datang, tepatnya pada tahun 2030 hingga 2050, akan terjadi proses terakhir dari penggabungan kecerdasan teknologi dengan manusia. Teknologi yang kian canggih mampu menggantikan apa yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Bukan hanya itu, kecerdasan buatan dari kemajuan teknologi ini mampu bekerja dengan otak manusia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *