Mau Menjadi Videografer? Ini Dia Alat untuk Merekam Video yang Kamu Butuhkan

Dunia videografi saat ini sangatlah digandrungi oleh kebanyakan orang, mulai dari video-video amatir sampai video profesional. Pesatnya pengguna Youtube juga sangatlah mempengaruhi munculnya tren videografi yang ada sekarang ini. Banyak sekali orang yang membuat vlog karena hasil yang akan didapat jika videonya disukai banyak orang lumayan juga untuk menambah penghasilan. Yap benar sekali, menjadi Youtuber! Menjadi Youtuber adalah salah satu pekerjaan dambaan banyak orang. Bagaimana tidak? Orang dengan subscribe dan likes yang banyak di Youtube dengan mudah bisa mendapatkan uang. Belum lagi ia menjadi terkenal dan diendorse oleh berbagai macam produk mulai dari pakaian sampai makanan. Berbagai kamera juga banyak bermunculan misalnya drone. Banyak sekali toko online yang jual drone murah sekarang ini.

Sebagai videografer pendatang baru, pasti kamu agak sedikit bingung gimana gitu, karena belum terlalu paham sebetulnya apa saja sih alat untuk merekam video yang kamu butuhkan. Sekarang kamu tak perlu bingung lagi, karena sekarang kita akan membahan alat untuk merekam video apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah video yang kamu inginkan. Jangan berlama-lama, yuk langsung saja simak rekomendasi alat untuk merekam video yang kamu butuhkan berikut ini.

  1. Kamera

Membuat video tentunya kita tidak akan lepas dari yang namanya kamera. Tentunya kamera ini adalah alat pokok dan alat utama dalam membuat sebuah video ataupun film. Jika kamu tidak memiliki modal yang besar dan mau belajar dari nol, kamu tidak perlu pusing memikirkan uang untuk membeli kamera yang bagus, kamu bisa cukup menyiapkan kamera smartphone kamu saja, tentunya dengan kualitas yang terbatas juga. Sedangkan jika kamu sudah siap mengeluarkan budget besar silakan membeli kamera sesuai kemampuan dan keinginanmu.

Dalam membeli kamera, jangan sampai kamu membelinya secara random. Pelajari dan cari tahu terlebih dahulu mulai dari kamera seperti apa sih yang kamu butuhkan untuk membuat video yang kamu inginkan. Selanjutnya kamu harus mempelajari kamera dengan membaca artikel-artikel terlebih dahulu atau minta bantuan teman yang mengerti mengenai persoalan kamera ini. Yang pasti jangan sampai salah memilih kamera dan kamu menyesal di kemudian hari deh.

Jika kamu mau membuat video dengan durasi yang tidak terlalu panjang, kamu bisa memilih kamera DSLR sebagai solusinya. Kamera tersebut sudah cukup bagus, apalagi untuk pemula seperti kita ini. Keuntungan menggunakan DSLR juga kita bisa menggunakannya untuk berfoto dan soal kualitas foto tidak perlu diragukan lagi.

  1. Tripod

Tripod atau alat penyangga kamera yang memiliki tiga kaki ini adalah salah satu yang paling penting dalam pembuatan video. Tripod bisa menjadi pengganti tangan kamu apabila tangan kamu sedang kelelahan karena terlalu lama memegang kamera. Selain pengganti tanganmu saat lelah, merekam video menggunakan tripod akan meminimalisir bahkan menghilangkan getaran bahkan guncangan saat merekam.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu yang terpenting juga dalam pembuatan video. Tata lampu yang bagus akan menghasilkan kualitas gambar yang bagus pula. Kamera pada umumnya akan menjadi redup apa bila bidikannya memiliki cahaya yang redup. Oleh karena itu dibutuhkan pencahayaan untuk membantu supaya kualitas gambar videomu lebih bagus. Pencahayaan menggunakan reflektor juga dibutuhkan untuk membantu meratakan cahaya dari objek gambar yang kamu soroti.

Itu dia alat untuk merekam video yang kamu butuhkan. Jika kamu tertarik memiliki drone, cari tahu terlebih dahulu juga ya. Temukan drone murah, baca selengkapnya di sini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *