Mau Mesin Playstation Anda Tahan Lama? Lakukan 4 Perawatan Ini!

Anda punya mesin Playstation di rumah, terutama jenis PS2 yang memang dikenal mutunya bagus ketimbang PS generasi sekarang. Sebagai barang lawas yang memang booming di tahun 2000-an tentu untuk membuatnya tetap awet dan sehat sampai sekarang adalah PR yang sulit. Namun ada beberapa orang yang sukses menjadikan PS2 miliknya bisa bertahan meski sudah berumur nyaris 10 tahun. Bagaimana caranya? Tentunya perlu diberikan perawatan dengan seksama mulai dari saat pemakaian, penyimpanan, dan lain sebagainya.

Tips Menjadikan Mesin PS2 Awet

Membantu menjaga ketahanan mesin PS2 di rumah supaya tidak perlu membeli yang baru tentunya dengan memberikan perawatan yang benar. Berikut beberapa tips sederhana yang wajib dicoba:

  • Menggunakan stabilizer ketika digunakan,

Supaya mesin PS2 di rumah awet meski sudah berumur maka ketika digunakan pasangkan dengan stabilizer. Stabilizer ini membantu mengatur arus listrik yang memang dari pihak PLN tidak begitu stabil. Tidak perlu menyalahkan siapa-siapa karena tinggal dimanapun kondisi listriknya sama saja seperti ini. Supaya PS2 awet pasang stabilizer agar terlindung dari perubahan arus listrik secara tiba-tiba.

  • Pasang joystick saat menu game sudah muncul,

Kesalahan yang ternyata menjadi kebiasaan bagi semua pengguna Playstation adalah memasang stick atau joystick sebelum mesin benar-benar menyala. Apakah Anda juga memiliki kebiasaan demikian? Usahakan stick ini baru dipasang ke dalam slot yang tersedia ketika tampilan menu game sudah muncul di layar televisi. Hal ini bertujuan untuk menghindari error pada mesin PS2 tersebut karena ketika stick error ditancapkan tanpa menunggu mesin siap loading. Maka kerusakan ini akan merembet ke mesin dan akibatnya tentu buruk.

  • Mencabut semua kabel saat selesai digunakan,

Kalau Anda terbiasa membiarkan semua kabel di mesin PS tetap terpasang padahal tidak dinyalakan atau digunakan. Maka bersiap-siapkan untuk mendapati mesin PS tersebut segera rusak karena kabel yang terhubung ke stop kontak bisa memicu kenaikan suhu pada mesin PS2 tersebut. Anda tentu rugi karena merasa sudah membatasi jam bermain tidak lebih dari 8 jam sehari namun masih saja error. Rupanya disebabkan oleh kabel yang dibiarkan terpasang sehingga perlu dirapikan setiap kali selesai bermain game.

  • Simpan di tempat yang tepat,

Setelah semua kabel dilepas, maka mesin PS2 ini sudah siap untuk disimpan namun jangan asal disimpan dengan cara digeletakan di atas meja saja. Anda baiknya menyediakan lemari khusus untuk menyimpan mesin PS2 tersebut. Supaya aman dari debu dan jenis kotoran lain yang bisa menyumbat mesin PS2 itu sendiri. Kemudian pastikan lemari yang dipakai benar-benar kering karena kalau kondisinya lembab maka dijamin akan merusak bagian dalam maupun luar Playstation tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *