Memahami Tentang Teknologi Big Data

Bagi masyarakat tentunya masih sangat asing dengan teknologi big data, akan tetapi akhir-akhir ini big data sudah banyak menjadi tema pembahasan, khususnya bagi mereka yang akrab dengan dunia Informasi dan Teknologi di dunia.

Pada mulanya, keberadaan Big Data ini merupakan sebuah sistem teknologi yang digunakan untuk menanggulangi adanya ledakan informasi yang semakin bertumbuh dengan pesat seiring meningkatnya pertumbuhan pengguna internet dan perangkat mobile.

Pertumbuhan pengguna data internet serta perangkat mobile ini tentunya memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan volume serta data yang mengalami peningkatan secara signifikan di dunia maya.

Ada beragam jenis data yang meningkat, baik itu berupa data teks, gambar, foto, vide, serta jenis data lain yang ada di sistem komputasi. Adanya banjir data ini tentunya membutuhkan jalan keluar, dan big data ini dipandang sebagai sebuah solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya, hingga kini tak ada definisi resmi mengenai istilah Big Data, namun kemunculan teknologi ini memang dipandang sebagai sebuah solusi dari fakta bahwa pertumbuhan data dari waktu ke waktu telah semakin besar dan di luar batas kemampuan penyimpanan di media serta sistem database yang ada.

Sedangkan di situs IBM, terdapat definisi Big Dara yang menyebutkannya ke dalam tiga istilah, yakni, volume, velocity, serta variety. Volume berkaitan dengan media penyimpanan yang memiliki ukuran sangat besar dan bahkan bisa dibilang tak terbatas, kemudian variety yang memiliki arti jenis atau tipe data yang bisa diakomodasi, serta velocity yang memiliki arti sebagai sebuah kecepatan proses.

Oleh karena itu, Big Data bisa disebut sebagai media penyimpanan data yang memberikan ruang tak terbatas serta memiliki kemampuan untuk memproses serta mengakomodasi beragam jenis data secara cepat.

Pada sektor bis big data, pelopornya adalah Google. Pada tahun 2006, perusahaan teknologi yang berbasis di California ini telah mengenalkan Google Bigtable yang merupakan sebuah sistem database dengan skala besar serta cepat yang dipakai Google untuk mengolah beragam data dari bermacam-macam layanan yang dimiliki Google, termasuk dari layanan mesin pencari google yang dimiliki oleh mereka.

Tak hanya Google, Mark Zuckerberg, pemilik media sosial Facebook juga menggunakan sistem data base untuk menangani pengguna facebook yang mengalami pelonjakan dari sei jumlah. Dengana adanya teknologi big data, facebook pun bisa menangani beragam data yang beredar di dunia maya sejak facebook berdiri sehingga memiliki pengguna lebih dari 1 miliar hingga saat ini.

Adanya teknologi big data tentunya menjadi sebuah solusi yang sangat membantu, khususnya bagi para perusahaan berbasis teknologi yang menggawangi beragam media yang ada di internet, dan ini pun membuat para pengguna pun bisa melakukan aktifitas di dunia maya tanpa adanya gangguan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *