Home Elektronik Memilih AC 1 PK Terbaik

Memilih AC 1 PK Terbaik

by Jenny Harvey

Ketika kita akan membeli AC, biasanya akan dihadapkan dengan beberapa pertimbangan seperti kapasitas AC, merek AC, maupun harganya. Tentu saja, memasang AC butuh biaya yang cenderung tidak murah dari segi harga beli maupun biaya listrik bulanan yang dikeluarkan, sehingga kita wajib memilih AC yang terbaik untuk ruangan kita. Artikel ini akan membantu kamu memilih AC yang terbaik, mulai dari segi kapasitas AC yang dibutuhkan dan juga dari segi harga (baca juga: harga AC 1 PK).

Hal pertama untuk memilih AC adalah pilih yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pemilihan AC yang tidak tepat bisa membuat kita rugi karena bisa menghabiskan listrik yang berlebihan atau penggunaan AC yang tidak nyaman. Kalau memang butuh AC di rumah, salah satu cara terpenting untuk memastikan AC yang pas adalah pilih PK AC yang tepat untuk kebutuhan di sana.

pixabay

 

PK adalah ukuran yang menyatakan kemampuan AC untuk mendingkan suatu ruangan. Apabila kamu memilih PK yang terlalu besar, maka ruangan kamu menjadi terlalu dingin dan penggunaan listrik jadi berlebihan. Sebaliknya, jika PK AC terlalu kecil, maka butuh waktu yang cukup lama untuk mendinginkan ruangan. Pada dasarnya, pemilihan PK ditentukan oleh satuan BTU. Begini rumus sederhana untuk menghitung BTU:

BTU = lebar ruangan x panjang ruangan x 500

 

Diasumsikan tinggi ruangan standar sehingga 2,5 sd 3 m, dengan rumus di atas kamu bisa menemukan nilai BTU yang dibutuhkan. Setelah itu, kamu bisa mencocokkan nilai BTU dengan PK AC sesuai ketentuan di bawah ini:

  • AC 1/2 PK = 5000 BTU/h
  • AC 3/4 PK = 7000 BTU/h
  • AC 1 PK = 9000 BTU/h
  • AC 1 1/2 PK = 12000 BTU/h
  • AC 2 PK = 18000 BTU/h.
Baca Juga:  Cara Cek Nomor Simpati agar Kamu Tidak Lupa Nomor Kamu

 

Selain PK, kamu perlu tahu beberapa tipe AC. Secara umum ada 3 tipe dasar: standard, low watt, dan inverter. Secara umum tipe standar dan low watt cukup mirip cara kerjanya. Namun tipe low watt lebih cocok untuk rumah dengan daya listrik rendah. Sedangkan AC tipe inverter akan memakan banyak listrik untuk tarikan awal karena dia bertujuan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Ketika suhu yang disetel sudah tercapai, maka AC inverter akan otomatis mengurangi kinerjanya sehingga menggunakan listrik yang lebih rendah.

Apabila rumah kamu mempunyai daya listrik yang kecil, gunakan AC low watt. Apabila ruangan yang akan dipasang sering dibuka-tutup atau AC sering dimatikan/nyalakan dan hanya digunakan 2-3 jam saja, kamu bisa memilih tipe standard atau low watt. Untuk ruangan yang menggunakan AC secara lama, sekitar 6 jam lebih, maka disarankan menggunakan AC Inverter.

 

Harga AC 1 PK

Setelah mengetahui PK dan tipe AC yang sesuai, maka saatnya melihat pilihan AC yang tersedia dengan harga yang sesuai dengan budget.

pixabay

 

Banyak merek elektronik yang saat ini menawarkan AC dengan beragam spesifikasi dan variasi harga. Beberapa merek yang cukup terkenal dengan kualitas AC-nya adalah Panasonic dan Sharp. Berikut adalah daftar harga AC 1 PK dari dua merek tersebut.

1. Panasonic CS-XN9SKJ (Rp 2.840.000)

Keunggulan: Smart AC, bisa menyesuaikan suhu udara dari keberadaan dan gerakan manusia dan masuknya cahaya matahari. Bisa memurnikan udara dari jamur, bakteri, dan sebagainya.

2. Panasonic CS-YN9SKJ (Rp 2.875.000)

Keunggulan:

  • Mampu mendinginkan ruangan secara merata dengan cepat
  • Low watt dan hemat energi, hanya 800 watt

3. Panasonic CS-PN9SKJ (Rp 3.280.000)

Baca Juga:  EOS M10, Kamera Video Terbaik dari Canon

Keunggulan:

  • Mempunyai fitur iAuto sehingga bisa mendinginkan ruangan secara rata
  • Hemat energi, dan low watt (720 watt)
  • Ramah lingkungan

4. Sharp AH-XP10UHY 1 PK Inverter (Rp 4.800.000)

Keunggulan:

  • Punya plasmacluster generator untuk mengunci virus, jamur, bau, dan lain-lain ke sudut ruangan.
  • Fitur W-Flex Louver untuk menyebarkan udara dingin lebih luas.
  • J-tech inverter untuk menghemat energi yang lebih efisien.

5. Sharp AH-X9UEY 1 PK Split Inverter (Rp 4.837.000)

Keunggulan:

  • mempunyai kemampuan plasmacluster generator, W-Flex Louver, dan J-tech inverter seperti AH-XP10UHY 1 PK Inverter

Begitulah panduan dalam memilih AC yang cocok untuk kebutuhanmu. Jadi, pastikan kamu paham dengan ruangan yang akan dipasang AC sehingga bisa mendapatkan AC 1 PK terbaik sebagaimana kebutuhan.

Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More