Mengenal Apa itu Bluetooth Beacon dan Fungsinya

Bluetooth beacon adalah pemancar hardware – Beacon menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE), sebuah teknologi yang dibangun ke dalam iPhone dan iPads sejak 2010 (dan Mac sejak 2012) dan di banyak perangkat Android yang lebih  sejak tahun 2013. BLE ini yang menyiarkan pengenal mereka untuk perangkat elektronik portabel di dekatnya.  Pelaksanaan komersial pertama dari Bluetooth beacon adalah perusahaan Australia bernama DKTOB .

Bluetooth beacon menggunakan Bluetooth kedekatan energi yang rendah penginderaan untuk mengirimkan pengenal unik universal  yang dipancarkan oleh aplikasi atau sistem operasi yang kompatibel. Pengenal dan beberapa byte yang dikirim dengan itu dapat digunakan untuk menentukan lokasi fisik perangkat, pelanggan track, atau memicu tindakan berbasis lokasi pada perangkat seperti check-in di media sosial atau pemberitahuan.

Salah satu aplikasi yang mendistribusikan pesan pada titik tertentu Menarik, misalnya toko, halte bus, ruang atau lokasi yang lebih spesifik seperti perabot atau mesin penjual otomatis. Hal ini mirip dengan teknologi geopush sebelumnya digunakan berdasarkan GPS, tetapi dengan dampak yang jauh berkurang pada daya tahan baterai dan banyak presisi yang diperpanjang. Aplikasi lain adalah positioning system dalam ruangan, yang membantu smartphone menentukan lokasi. Dengan bantuan sebuah pemancar Bluetooth, software smartphone sekitar dapat menemukan lokasi

Bluetooth beacon berbeda dari beberapa teknologi berbasis lokasi lainnya sebagai perangkat penyiaran (beacon) hanya 1 arah pemancar ke smartphone menerima atau menerima perangkat, dan memerlukan aplikasi tertentu diinstal pada perangkat untuk berinteraksi dengan beacon.  Tahun 2015 lalu menjadi tahunnya beacon. Karena banyak masyarakat yang cukup menyukai kehadiran system Bluetooth satu ini.

Fungsi beacon memang sangat baik  seperti Misalnya, Anda ingin check-in dan dapat menggunakan beacon untuk menunjukkan pada peta di mana Anda berada dan memberikan arah ke mana Anda ingin pergi – dalam bahasa Anda. Galaxy S5 Anda dapat menggunakan sebuah pemancar di dalam mobil Anda untuk tahu  lokasi  kendaraan Anda dan mengirim sinyal unlock untuk itu. Nexus 5 dapat menggunakan beacon untuk menentukan  toko Anda berada dan mampu mendeteksi melihat apakah   daftar belanja Anda di toko itu.

Anda bisa mendapatkan informasi serupa dari GPS, tetapi hanya di daerah yang memiliki pandangan yang jelas dari langit untuk menerima sinyal satelit. Seluler menara triangulasi juga dapat menampilkan lokasi Anda, tetapi akurasi bisa selebar area setengah mil. Selama satu dekade, teknologi RFID telah dibahas beberapa penggunaan beacon yang dijanjikan, tapi RFID memerlukan scanner khusus dan lebih banyak usaha untuk mendapatkan membaca, sehingga penggunaannya tetap terbatas. Beacon bukan tentang mengirimkan koordinat lokasi tetapi tentang melacak sebuah identifikasi. Yang memudahkan anda dalam mencari lokasi atau tujuan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *