Mengenal Dasar-dasar Pengisian Baterai Wireless

Baterai wireless adalah teknik pengisian induktif digunakan untuk mentransfer daya ke perangkat portabel tanpa perlu koneksi langsung.

Pengisian baterai wireless atau pengisian induktif nirkabel seperti yang juga disebut, adalah metode untuk mentransfer energi listrik dari pengisi daya ke perangkat tanpa perlu koneksi kawat fisik. Pengisian baterai nirkabel memiliki banyak keunggulan dalam hal kenyamanan karena pengguna hanya perlu menempatkan perangkat yang membutuhkan daya ke tpermukaan lain untuk memungkinkan nirkabel pengisian berlangsung. Mengingat perkembangan wireless charging atau pengisian induktif, sekarang telah cukup mainstream dengan banyak perusahaan yang ingin mengadopsi teknologi untuk memberikan keunggulan kompetitif untuk produk mereka di pasar.

Dasar-dasar pengisian baterai nirkabel

Pengisian daya baterai wireless menggunakan medan induktif atau magnet antara dua benda yang biasanya kumparan untuk mentransfer energi dari satu ke yang lain. energi ditransfer dari sumber energi ke penerima di mana itu biasanya digunakan untuk mengisi baterai dalam perangkat.

Hal ini membuat pengisian nirkabel atau pengisian induktif ideal untuk digunakan dengan banyak perangkat portable seperti ponsel dan aplikasi nirkabel lainnya. Namun mereka juga menemukan digunakan secara luas dalam produk seperti sikat gigi listrik di mana operasi tanpa kabel yang dibutuhkan dan mana koneksi akan sangat tidak bijaksana dan berumur pendek.

Sistem ini pada dasarnya adalah sebuah bentuk datar transformator – datar karena ini membuat lebih mudah untuk masuk ke peralatan di mana ia akan digunakan. Banyak baterai nirkabel sistem pengisian yang digunakan dalam barang-barang konsumen di mana faktor bentuk yang kecil sangat penting.

Baca Juga: Portable Wireless Spekaer Terbaik

Konsep pengisian baterai nirkabel

Sisi primer dari transformator terhubung ke pasokan energi yang biasanya akan menjadi sumber daya listrik, dan sisi sekunder akan berada dalam peralatan mana biaya yang diperlukan. Dalam banyak aplikasi sistem pengisian baterai nirkabel akan terdiri dari dua kumparan datar. Sumber daya sering terkandung dalam alat yang akan dikenakan baterai wireless.

Standar pengisian nirkabel

Ada beberapa standar pengisian nirkabel yang sedang dikembangkan atau sudah ada di pasar.

   Qi:: Qi standar wireless charging adalah salah satu yang telah datang ke pasar lebih awal dari beberapa orang lain. Hal ini pada dasarnya apa yang disebut dan sistem induktif menggunakan frekuensi yang relatif rendah (antara 110 dan 205 kHz untuk daya rendah dan 80-300 kHz untuk kekuatan media)

   A4WP:: The A4WP daya nirkabel standar dikembangkan sedikit kemudian dari standar Qi. Menggunakan teknik resonansi bersama dengan frekuensi yang lebih tinggi transfer daya dari 6,78 MHz untuk kekuasaan, dan 2.4GHz untuk sinyal kontrol. Hal ini juga memungkinkan pengisian simultan dari beberapa perangkat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *