Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kapal Selam Milik Indonesia

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kapal Selam Milik Indonesia

Angkatan laut di negara Indonesia, memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga wilayah teritorial serta perbatasan wilayah dengan negara lainnya, hal tersebut lebih dipengaruhi karena sebagian besar perbatasan negara kita dengan negara lain banyak yang berupa wilayah perairan. Untuk menjaga perbatasan dan wilayah kedaulatan negara Republik Indonesia tercinta ini, tentunya TNI angkatan laut haruslah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana canggih untuk menjalankan tugas negara tersebut. Selain berbagai jenis senjata, tentunya kapal juga menjadi perlengkapan yang penting bagi TNI angkatan laut dalam bekerja. Untuk kapal sendiri nantinya anggota TNI angkatan laut tidak hanya akan dibekali dengan kapal perang khusus miliki negara, yang digunakan untuk beroperasi menjaga perbatasan negara, namun juga kapal selam tentunya diberikan oleh Pemerintah secara terbuka kepada para anggota TNI AL ini.

 Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kapal Selam Milik Indonesia

Kapal yang dijalankan di dasar laut, untuk melakukan pengintaian dan pengawasan apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan di wilayah kedaulatan NKRI, ataupun terjadi pelanggaran batas oleh masyarakat penduduk negara tetangga. Kapal dengan teknologi super canggih ini juga banyak dimanfaatkan untuk melakukan pengawasan pada berbagai kegiatan perairan yang terkait dengan batas teritorial ataupun zona ekonomi eksklusif di wilayah Indonesia. Dengan peralatan super canggih ini, maka diharapkan tindakan pengawasan yang dilakukan oleh TNI AL tidak terdeteksi dengan mudah oleh masyarakat negara lainnya.

 

Untuk seri terbaru dari kapal yang beroperasional di dasar laut ini, TNI AL menggandeng kerjasama dengan pemerintah Korea Selatan, telah berhasil membuat serta mendatangkan seri kapal selam terbaru pada pertengahan tahun 2017 lalu. Kapal yang diberi tajuk dengan KRI Nagapasa 403. Adapun spesifikasi dari kapal KRI Nagapasa 403 ini, antara lain adalah:

Baca Juga : Fungsi Kapal Selam

  • Kapal ini memiliki panjang sekitar 61,3 meter dengan kecepatan maksimal 21 knot dibawah permukaan air laut.
  • Dilengkapi dengan senjata torpedo, dan juga 8 buah tabung peluncur didalamnya, sehingga akan mampu menjaga fungsi penggunaan kapal secara lebih optimal.
  • Mampu berlayar selama 50 hari, dengan daya tampung sekitar 40 personil didalamnya.

 

Dalam hal persenjataan sendiri, kapal ini telah dilengkapi dengan persenjataan canggih terkini seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bentuk senjata tersebut merupakan jenis torpedo, dengan daya luncur 533 mm. Selain itu kapal milik tentara laut Indonesia ini juga telah dilengkapi dengan persenjataan anti kapal permukaan, yang akan membuatnya tetap aman berada di dasar laut, meskipun terdapat kapal lain dipermukaan laut.

 

Kapal selam miliki masyarakat Indonesia ini, merupakan kapal yang dipesan dalam jumlah kelompok dimana 2 kapal dibuat di Korea Selatan, dan 1 kapal direncanakan di buat di Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia dapat mengerti dengan pasti detail pembuatan kapal tersebut. Dengan adanya transfer ilmu teknologi ini, diharapkan nantinya masyarakat Indonesia dapat membuat sendiri kapal perang yang mereka gunakan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *