Mengenal Lebih dalam Pesawat Siluman dan Teknologi Didalamnya

Mengenal Lebih dalam Pesawat Siluman dan Teknologi Didalamnya

Dalam dunia penerbangan terutama dalam bidang militer, teknologi siluman merupakan salah satu teknologi tingkat tinggi yang banyak digunakan dalam penciptaan pesawat perang dalam sebuah negara. Teknologi yang satu ini memungkinkan pesawat terbang yang membesutnya tidak akan terlihat oleh radar musuh, baik yang menggunakan radar, infrared, maupun teknologi sonar yang dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai barang yang dianggap sebagai sebuah benda asing, yang mencurigakan. Pesawat yang dibesut dengan teknologi ini, pada umumnya oleh masyarakat dunia lebih dikenal dengan pesawat siluman. Pesawat ini biasanya banyak digunakan oleh sebuah negara untuk melakukan pengintaian pada negara lain, yang memang dianggap dapat membahayakan kelangsungan dari negara pemilik pesawat tersebut.

 Mengenal Lebih dalam Pesawat Siluman dan Teknologi Didalamnya

Pesawat dengan model siluman ini, dikembangkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1958, dengan membesut sebuah produk pesawat yang mampu mengurangi pendeteksian radar yang terdapat pada pesawat tersebut. Teknologi yang dibesut dalam pesawat tersebut, merupakan teknologi yang mengarahkan gelombang elektromagnetik pada radar yang digunakan untuk mendeteksi pesawat tersebut. selain mengarahkan teknologi elektromagnetik untuk diarahkan pada radar, pesawat yang disebut dengan siluman ini, biasanya juga akan dilengkapi dengan bahan penyerap radar, sehingga pantulan radar yang diarahkan tidak akan memberikan umpan balik dari permukaan pesawat tersebut.

Tidak hanya mampu menyerap radar ataupun sinyal lain yang diarahkan pada pesawat siluman tersebut, namun berbagai teknologi canggih pun mampu membuat pesawat ini mampu mengelola berbagai radar dan sinyal untuk dijadikan sebagai sebuah umpan balik, yang dapat mengacaukan pada lawan. Berikut ini beberapa kemampuan lain yang dimiliki oleh pesawat super canggih tersebut, yang antara lain adalah:

Baca Juga:Keunggulan Pesawat Siluman Berawak Jenis F-22 Raptor

  • Sinyal yang ditangkap oleh permukaan pesawat akan dibelokkan menuju arah lain ataupun justru dibelokkan kearah pesawat musuh, sehingga nantinya pesawat musuh justru akan dikira lawan oleh team mereka.
  • Mengkamuflasekan radar yang diterima, agar pesawat dapat dideteksi sebagai pesawat satu team oleh musuh, sehingga nantinya penyerangan dengan aman pun dapat dilakukan.

Meskipun dikembangkan oleh Amerika Serikat, namun pada awalnya pesawat dengan teknologi siluman ini, telah ditemukan sejak jaman perang dunia II oleh pasukan Jerman, namun masih dalam bentuk prototype. Pesawat prototype tersebut merupakan pesawat dengan tenaga turbo jet dan bahan body yang terbuat dari kayu lapis. Pesawat jenis siluman ini belum sempat diproduksi secara masal dan hanya baru diproduksi dalam bentuk protoype yang belum dapat digunakan.

Teknologi pesawat siluman ini, pada akhirnya jatuh ke tangan Amerika Serikat, dan berhasil dikembangkan oleh pasukan Udara Amerika, hingga terbentuklah beberapa model pesawat dengan teknologi siluman tersebut. Teknologi siluman ini bahkan terus dikembangkan oleh Amerika Serikat hingga saat ini, dengan berbagai pembaharuan teknologi yang dibesut didalamnya. Pesawat dengan teknologi siluman ini memang baru dimiliki oleh negara-negara maju yang ada di dunia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *