Mengenal Lebih dalam Tentang Pengertian dan Jenis Stasiun Kereta Bawah Tanah

Mengenal Lebih dalam Tentang Pengertian dan Jenis Stasiun Kereta Bawah Tanah

Kereta bawah tanah merupakan salah satu sistem transportasi yang digunakan oleh banyak negara maju. Seperti misalnya negara yang ada di Eropa dan juga negara Asia seperti Jepang, Korea, China juga menggunakan jenis kereta ini. Jenis transportasi ini memang mempunyai banyak keuntungan yang ada didapatkan oleh karena itulah masih menjadi pilihan transportasi umum favorit masyarakat. Jenis kereta ini sendiri adalah kereta yang mempunyai jalur tunggal dan juga letaknya berada di bawah jalan biasanya. Dimana untuk keuntungan yang ditawarkan dari memilih jenis kendaraan ini adalah sebagai berikut:

 Mengenal Lebih dalam Tentang Pengertian dan Jenis Stasiun Kereta Bawah Tanah

  • Jenis kereta ini merupakan angkutan umum yang mempunyai kapasitas yang besar sehingga dapat untuk mengangkut lebih banyak penumpang dalam sekali jalan. Sehingga akan lebih menawarkan frekuensi tinggi ketika menggunakan jenis ini.
  • Mempunyai tingkat keamanan dan juga kenyamanan terbaik karena bersih dan juga mempunyai fasilitas yang terbaik.
  • Mempunyai jalur yang ada di bawah permukaan tanah atau disebut juga dengan subway.
  • Mudah ditemui di banyak kota-kota besar di dunia baik itu di Paris, Moskow, Seoul, New York, dan masih banyak kota dan negara lainnya yang menggunakan sistem transportasi ini.
  • Mempunyai efektivitas dan efesiensi yang tinggi karena sangat cepat dan tidak akan terlambat sehingga akan mendukung mobilitas.
  • Mempunyai harga tiket yang murah sehingga tidak akan menghabiskan uang.
  • Dan bisa untuk digunakan sebagai sarana transportasi umum untuk menghindari kemacetan.

Untuk jenis stasiun yang digunakan kereta bawah tanah sendiri ada dua yaitu stasiun linier dan juga stasiun persimpangan. Jenis yang pertama adalah stasiun liner atau single stasiun yang merupakan jenis dengan satu atau dua jalur sejajar. Jenis stasiun ini mempunyai bentuk yang lurus atau linier dan lebih sederhana daripada bentuk intersection. Jenis stasiun ini akan menggunakan sistem yang juga tentunya lebih praktis dan tidak serumit dibandingkan persimpangan.

 Baca Juga:Mengulas Tentang Kereta Bawah Tanah Milik Indonesia Beserta Keunggulannya

Sedangkan untuk jenis selanjutnya adalah tipe stasiun intersection atau persimpangan. Jenis ini merupakan stasiun yang mempunyai bentuk lebih rumit daripada jenis stasiun linier. Dimana jalur stasiun ini mengikuti posisi jalur kereta, sehingga akan membuatnya mempunyai bentuk bujur sangkar yang lebih rumit dan tidak beraturan. Sistem yang digunakan untuk stasiun ini juga akan lebih rumit dibandingkan stasiun linier pada umumnya.

Selain dari jenis stasiun kereta bawah tanah, hal lainnya yang bisa membedakan kendaraan ini adalah dari sistem yang ada pada stasiun subway tersebut. Dimana dua jenis sistem yang digunakan adalah:

  • Sistem open technique merupakan sistem yang pertama yang sistemnya adalah menggali dari permukaan hingga dalam dan kemudian di tutup kembali.
  • Sistem mining technique adalah yang menggunakan cara pengeboran dan lebih aman menggunakan sistem pengeboran ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *