Mengenal Lebih Dekat Apa Itu GPS dan Aplikasinya

10 Tips Membeli Kamera GoPro yang Berkualitas

Kini semua orang menggunakan gadget yang terhubung dengan internet. Hubungan tersebut memungkinkan Anda juga menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa memberitahukan letak atau posisi secara rinci. Alat untuk mengetahui letak atau lokasi di manapun di seluruh dunia disebut dengan GPS atau Global Positioning System. Alat ini tersinkronisasi dengan satelit yang dibuat oleh banyak negara yang berjumlah sedikitnya 6 satelit dengan letak mengelilingi bumi sehingga dapat diakses untuk menemukan titik dimanapun di muka bumi. Anda bisa menggunakan GPS secara gratis dari manapun dan kapanpun tanpa perlu berlangganan asalkan memiliki gadget yang sesuai.

10 Tips Membeli Kamera GoPro yang Berkualitas 

Meski sekarang orang-orang bisa mengaksesnya secara gratis dari smartphone maupun laptop, namun pada awalnya alat ini dirancang khusus untuk keperluan departemen pertahanan USA untuk keperluan militer. Mulai tahun 1980 barulah system ini dibuka untuk keperluan umum dan secara bertahap bisa digunakan di seluruh dunia. Kini Anda bisa menggunakan Global Positioning System untuk berbagai keperluan misalnya:

  • Alat pencari lokasi untuk alarm mobil atau hewan peliharaan.
  • Aplikasi smartphone untuk ojek online.
  • Aplikasi map online.
  • Dsb.

Hingga saat ini sudah ada 33 satelit yang bisa digunakan untuk menyempurnakan pencarian lokasi menggunakan GPS. Semua satelit tersebut bekerja secara bersama-sama sesuai dengan kapasitasnya di permukaan bumi. Meski beberapa satelit tidak bisa mencari karena letaknya yang kurang sesuai namun ada banyak satelit lainnya yang bisa digunakan untuk tetap mengirimkan lokasi sesuai dengan pencarian Anda. 

Dengan akses bebas untuk menggunakan system ini melalui aplikasi atau alat bantu, kini banyak usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan system ini. Dari kebutuhan besar hingga yang sepele bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kini Anda tak perlu kesulitan untuk mencari anjing atau kucing kesayangan ketika bermain di luaran karena sudah ada kalung yang tersinkronisasi dengan sistem satelit untuk mencarinya. Kalung tersebut terhubung dengan gadget seperti aplikasi di smartwatch, smartphone atau laptop dan remote khusus sehingga pencarian akan lebih mudah.

Selain penggunaan untuk mencari lokasi, system GPS juga kini diaplikasikan untuk ojek online baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Aplikasi pencarian digabungkan dengan perhitungan jarak serta biaya yang harus dibayarkan oleh pemesan ojek sehingga langsung bisa diketahui biaya yang harus dibayarkan. Selain aplikasi yang digunakan untuk umum dan bermanfaat, ada juga aplikasi dengan global positioning system yang digunakan secara rahasia untuk keperluan tertentu misalnya untuk mengawasi satwa liar yang dilindungi ataupun untuk mendeteksi pergerakan seorang saksi. Anda sebagai masyarakat umum juga bisa membangun aplikasi tertentu untuk keperluan pribadi karena system ini bisa diakses oleh semua kalangan untuk dimanfaatkan asal tidak melanggar privasi orang lain.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *