Mengenal Lebih Dekat Bluetooth Beacon

Perkembangan teknologi di dunia ini bisa dibilang semakin pesat, hal ini memang menjadi sebuah keniscayaan di tengah tuntutan kebutuhan akan hidup yang lebih mudah dan simple. Salah satu teknologi yang saat ini sedang banyak disebut adalah bluetooth Beacon.

Teknologi Bluetooth Beacon ini disebut bisa membantu penggunanya dalam melakukan sesuatu. Teknologi beacon ini pada mulanya dibuat oleh Google yang kemudian dikembangkan dan disematkan pada sistem android yang ada pada ponsel pintar. Sebelum google, apple sebenarnya juga sudah mengembangkan fitur bluetooth bernama Ibeacon. Selain Apple dan Google, ada pula perusahaan lain yang turut mengembangkan teknologi ini, yaiki Qualcomm yang menamai produknya dengan nama GIMBAL.

Bluetooth dengan teknologi beacon ini disebut memiliki beragam keunggulan karena lebih praktis serta ekonomis. Hal ini tentunya bisa memberikan kehidupan yang serba cepat dan serba canggih, apalagi di era milennium seperti ini.  

Teknologi beacon ini memungkinkan penggunanya untuk bisa menemuka jenis barang yang dijual dimanapun dengan lebih mudah. Beacon ini merpakan sebuah alat sensor yang memiliki teknologi BLE (Bluetooth Low Energy) ketika berkomunikasi.  

Untuk saat ini, bluetooth berteknologi beacon ini sudah bisa didapatkan para pengguna android lewat aplikasi Google Chrome. Ketika pengguna berada di tempat-tempat tertentu yang juga sudah menggunakan bluetooth berteknologi beacon, maka pengguna bluetooth akan mendapatkan pemberitahuan dari chrome secara otomatis, sehingga pengguna bisa memilih, apakah akan melakukan interaksi ataukah tidak.

Teknologi beacon yang ada pada chrome ini menjadi sebuah alat yang menggabungkan beragam informasi untuk pengguna-pengguna lainnya tanpa menginstal produk tersebut lebih dahulu. Di Indonesia snediri, tempat yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Pasific Place, Jakarta. Adanya teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai nomor telepon bahkan bisa juga digunakan untuk membuka pintu mobil yang sedang terkunci.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Bluetooth Beacon

Dengan adanya teknologi ini, Pacific Place juga membuat fitur lokal dengan nama Pacific Place App dimana pihak PP akan mengajak pengunjung untuk menemukan harta karun yang tersembunyi di lokasi tertentu.

Pada Bluetooth berteknologi beacon ini membuat sinyal bluetooth bisa dipancarkan serta ditangkap perangkat bluetooth aktif yang digunakan di sekitar lokasi tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi ini, pihak Pacific Place pun merancang sebuah permainan ala Treasure Hunt dimana pengunjung bisa melakukan sebuah misi dengan menggunakan bluetooth berbasis beacon. Dengan adanya teknologi bluetooth ini, pihak pacific place juga bisa memantau pergerakan para pengunjung yang mengaktifkan bluetooth ini.

Dengan adanya bluetooth beacon ini diharapkan ke depannya akan semakin memudahkan penggunanya untuk beraktifitas serta bisa menjadi semacam pintu gerbang untuk bisa terkoneksi dengan beragam benda yang ada di dunia ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *