Mengenal Perkembangan Teknologi Blockchain dan Dampaknya Bagi Bisnis Pusat Data

Mengenal Perkembangan Teknologi Blockchain dan Dampaknya Bagi Bisnis Pusat Data

Saat ini, perkembangan Teknologi blockchain dalam tataran global sangat pesat. Sejalan dengan kemajuan ekonomi digital di Tanah Air, pelaku industri blockchain di Indonesia pun mulai terlihat. Secara singkat, blockchain diketahui sebagai teknologi penyimpanan data yang bersifat multiserver atau terdiri dari banyak server. Karena disimpan pada banyak server yang satu sama lainnya berkaitan, maka data akan lebih aman. Berikut ulasan selengkapnya mengenai teknologi ini berikut dampaknya bagi bisnis pusat data.

Mengenal Perkembangan Teknologi Blockchain dan Dampaknya Bagi Bisnis Pusat Data

Mengenal teknologi blockchain

Blockchain merupakan salah satu teknologi yang dalam transaksi proses pertukaran data tidak menggunakan pihak ketiga. Sederhananya, saat Anda membeli sesuatu di toko lalu menggunakan kartu debit untuk membayar, maka pihak toko akan percaya jika saldo Anda telah masuk ke rekening milik mereka. Nah, yang dimaksud pihak ketiga di sini ialah perusahaan Bank sebagai perantara dalam bertransaksi menggunakan kartu debit antara pembeli dan penjual tadi.

Kira kira, jika layanan bank mengalami gangguanapa yang akan terjadi? Tentunya akan membuat Anda tak bisa melakukan transaksi menggunakan bank. Hal ini terjadi ketika ditemukan masalah pada satelit yang digunakan oleh Bank, sehingga menyebabkan tidak bekerjanya dengan baik beberapa transaksi atm.

Sistem Blockchain sendiri tidak menggunakan pihak ketiga sebagai pusatnya. Namun, justru menggunkan banyak pihak atau komputer yang tersebar di jaringan itu sendiri. Hal ini akan membuat orang tak bertanggung jawab kesulitan membobol sistem. Selain itu, kemungkinan gangguan yang akan terjadi juga lebih kecil.

Jika Bank mencatat seluruh transaksi financial yang dilakukan ke dalam suatu buku besar maka  teknologi Blockchain tidak hanya dikelola oleh satu ogranisasi saja, tetapi oleh banyak pihak dan disebarkan secara publik. Hal ini lah yang menjadi kekuatan utama dari sistem Blockchain.

Teknologi Blockchain bahkan menjadi solusi untuk mengurangi korupsi. Sebab, data transaksi akan langsung terlihat dikarenakan history transaksi secara realtime dapat dilihat oleh pihak publik.

Dampak teknologi blockchain bagi bisnis pusat data

Akankah kehadiran sistem blockchain mengganggu bisnis data center (pusat data) yang pemanfaatannya saat ini sudah sangat luas di Indonesia? Pada dasarnya Blockchain tidak berusaha menggantikan bisnis pusat data, tapi berusaha melengkapi teknologi yang ada. Lebih dari itu, kehadiran sistem blockchain bisa dipandang sebagai pelengkap sekaligus pendisrupsi teknologi pusat data yang telah ada. Namun, hal tersebut tergantung cara pandang dari masing-masing pelaku industri. Karena semua teknologi pasti mengalami evolusi, termasuk teknologi data.

Bitcoin menjadi salah satu contoh dari penerapkan teknologi Blockchain dan cryptography. Kira-kira bagaimana perkembangannya untuk digunakan di Indonesia? Tentunya terkait transaksi yang perlu diketahui ialah mengenai aturan serta regulasi terhadap financial technology yang ada di Indonesia. Sebab, bukankah Startup Fintech dengan teknologi Blockchain juga harus punya Data center di Indonesia?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *