Mengenal Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Waktu ke Waktu

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial dimana komunikasi menjadi hal yang penting dalam kehidupan. Tak heran jika komunikasi selalu dilakukan setiap hari baik dengan keluarga, tetangga, teman dan lainnya demi menciptakan sebuah hubungan yang lebih baik. Jika dulu komunikasi menuntut adanya pertemuan dan tatap muka, maka berbeda dengan komunikasi di masa kini dimana telah dibantu dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi berupa internet, ponsel dan masih banyak lagi.

Dulu komunikasi dengan jarak jauh merupakan sebuah ketidakmungkinan sehingga ada surat yang bisa menjadi penghubung. Surat pun bisa dihantarkan dengan binatang seperti merpati atau orang secara langsung. Kekurangannya tentu adalah masalah waktu penerimaan, terlebih dengan jarak yang jauh maka kabar di surat akan lebih lama bisa terkirim. Namun setelah perkembangan teknologi mulai hadir, maka bentuk komunikasi manusia pun berubah.

Berikut ini beberapa bentuk komunikasi sejak tersedianya teknologi setelah surat:

  1. Telegraf – penemuan ini berbasis teknologi dan merupakan bentuk alat komunikasi yang begitu menakjubkan di jamannya. Mekanismenya adalah dengan mengirim tulisan ke pemilik mesin telegraf lainnya dimana receiver elektromagnetik di dalamnya bisa menerjemahkan kode morse ke bentuk tulisan.
  2. Telepon – selanjutnya ada telepon yang hingga saat ini tetap banyak dipergunakan. Perubahan komunikasi mulai berubah semenjak adanya telepon dimana semua orang bisa berkomunikasi dengan saling bicara secara langsung sehingga memudahkan dalam penyampaian informasi.
  3. Pager – di tahun 80an sampai 90an terdapat alat komunikasi bernama pager yang banyak dimiliki khalayak umum. Alat komunikasi ini memunculkan pesan singkat dengan adanya sinyal radio yang diciptakan sehingga mampu menerima pesan secara singkat dan terbagi menjadi numeric pager, alphanumeric dan two way alphanumeric.

    Baca Juga: Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Balutan Smartphone Canggih

  4. Handphone – setelah pager ditemukan, selanjutnya ada juga handphone atau banyak juga yang menyebutkan ponsel dimana merupakan alat komunikasi yang mampu dibawa kemanapun sehingga lebih fleksibel. Komunikasi secara langsung dengan panggilan suara maupun pesan singkat berupa SMS bisa dilakukan ponsel sehingga pager pun mulai terkikis kepopulerannya. Hingga kini kecanggihan handphone tidak berhenti sejak adanya smartphone.
  5. Internet – yang terakhir ada internet yang merupakan alat komunikasi masa kini yang bisa memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa kenal waktu dan jarak. Tak hanya panggilan suara dan pesan singkat saja, karena gambar, video, pesan panjang, hingga telepon video pun bisa dilakukan dengan koneksi internet.

Itulah tahap perkembangan teknologi komunikasi dari waktu ke waktu yang perlu Anda pahami sehingga bisa mengetahui perjalanan dari komunikasi hingga ke masa kini. Dengan canggihnya teknologi, maka seolah kini segalanya menjadi hal yang mungkin dan lebih praktis serta mudah tentunya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *