Mengenal Sistem Kerja dan Karakteristik Pada Sebuah Robot

Robot merupakan sebuah alat yang memiliki sistem kerja mekanis, dimana untuk menjalankan alat mekanis ini dibutuhkan kontrol dari manusia ataupun sistem kecerdasan buatan lainnya yang diselipkan pada alat mekanis yang satu ini. Kecerdasan buatan yang diselipkan pada mesin mekanis ini akan membuatnya melakukan pekerjaan yang sama dengan perintah yang berulang-ulang, oleh karena itulah biasanya mesin mekanis ini banyak digunakan untuk memperingan berbagai pekerjaan industri dalam kategori berat, sehingga akan lebih memperingan tenaga manusia yang mengerjakannya. Untuk dapat menciptakan mesin mekanis ini, memang dibutuhkan ketrampilan dan ilmu khusus untuk merangkainya, yang biasa disebut dengan ilmu robotika.

Secara umum terdapat 4 karakteristik utama yang harus dimiliki oleh sebuah mesin mekanis, untuk dapat dikategorikan sebagai mesin yang bekerja dalam sistem robotisme itu sendiri, dimana hal ini dapat diartikan bahwa tidak semua mesin mekanis dalam industri kecil ataupun besar dapat dimasukkan sebagai kategori alat bermesin robotisme. Untuk mengidentifikasi apakah sebuah mesin dalam industri tergolong sebagai sebuah mesin yang bekerja dengan sistem robotisme, berikut ini 4 karakteristik dasar yang harus Anda kenali terlebih dahulu, yang antara lain adalah:

  • Sensor, merupakan salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh sebuah mesin mekanis, sensor ini memiliki fungsi sebagai indera bagi alat mekanis, sebagai contoh alat mekanis yang bekerja dengan menggunakan sensor cahaya, maka akan secara otomatis jika alat mekanis melalui sensor menangkap cahaya, maka alat tersebut akan bekerja.
  • Memiliki kontrol ataupun sistem kecerdasan, mesin mekanik ini pada umumnya akan memiliki sistem kontrol ataupun kecerdasan yang berupa pengolahan data yang masuk dari sekitar lingkungan tempat mesin mekanik, untuk kemudian data tersebut diolah menjadi sebuah instruksi.
  • Memiliki peralatan mekanik, sebagai alat penggerak dan mengoptimalkan fungsi kerja dari alat mekanis yang satu ini.
  • Memiliki power atau sumber daya untuk menghidupkan berbagai perlengkapan yang terdapat didalamnya. Pada umumnya sebuah robot akan dapat bekerja jika diberikan sumber tenaga utama, yang dalam hal ini biasanya listrik banyak digunakan sebagai sumber utama untuk menjalankannya.

Dari karakteristik yang ditampilkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sangat erat kaitannya bahwa mesin mekanik ini memiliki sistem kerja yang erat hubungan dengan sistem elektronika, sehingga sangatlah wajar jika kita temukan banyak para praktisi mekanis, yang kini juga ikut mendalami berbagai ilmu elektronika yang ada. Selain untuk memperkuat ilmu robotika yang mereka miliki, hal ini juga akan menambah pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan elektronika.

Mempelajari sistem kerja robot, memang dapat membuat kita tidak hanya mengerti mengenai ilmu robotika semat, berbagai cabang ilmu pengetahuan lainnya seperti elektronika, komputer bahkan desain pun akan turut dibesut dalam penciptaan sebuah karakter mesin mekanik, jadi sangatlah jelas mengapa mesin mekanis ini banyak dikaitkan dengan kecerdasan serta keuletan dari para penciptanya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *