Mengenal Teknologi Blue Core

Mengenal Teknologi Blue Core—teknologi blue core adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Yamaha dalam menghemat bahan bakar lebih efisien. bayangkan satu liter bensin bisa dipakai untuk  menempuh jarak 80 km!

Ya, Yamaha merekonstruksi dari awal mesin yang telah ada hingga menjadi mesin blue core ini. teknologi baru milik Yamaha ini menjawab keinginan masyarakat luas yang menginginkan motor bertenaga namun hemat bahan bakar. maklumlah konsumsi bahan bakar di negeri ini terus mengalami peningkatan.

Teknologi ini umumnya telah bersarang pada varian matic terbarunya Yamaha. seperti All New Soul GT, Mio M3 125, dan NMAX. Yamaha telah melakukan uji coba pada salah satu varian maticnya. Yaitu Mio M3 125, yang telah melakukan pengetesan dengan dinyalakan nonstop 30 hari di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan. pengujian dilakukan dengan memasang Mio M3 pada alat dyno test dan diikat tali bertekanan setara pengendara berbobot 60 kg. Kemudian diberikan kipas angin/ blower sebagai pengganti arah angin berlawanan saat berkendara. RPM nya digeber di angka 4.500 atau setara dengan 50 km/jam.

Setelah dinyalakan non stop hingga 30 hari, Mio M3 125 telah menempuh jarak kurang lebih 36.000 km. Total bahan bakar yang dihabiskan adalah 445 liter. Artinya, Mio M3 125 ini mampu menempuh jarak 80 km dengan 1 liter bahan bakar!

itulah kecanggihan teknologi blue core ini. Teknologi tersebut mampu membantu mesin matic Yamaha anda jauh lebih awet dan ringan. Biarpun sering diapkai dalam jangka waktu yang lama, mesin jauh lebih handal dengan kehadiran teknologi blue core ini. Apalagi matic-matic Yamaha generasi sekarang, saat ini telah ditunjang dengan teknologi balap Yamaha. Selain beragam kemudahan tersebut, anda dapat menghemat biaya perawatan.

Ya, selain untuk menghemat bahan bakar, ada beberapa tujuan lain dibuatnya teknologi blue core ini. Berikut beberapa diantaranya.

  • Mengurangi EnergiYang Hilang

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak semuanya dapat disalurkan ke roda dengan optimal, akan ada tenaga yang menghilang ditengah proses tersebut. Bisa karena gesekan-gesekan pada mesin, suhu panas, dan lain sebagainya hingga menyebabkan energi tersbut tidak sampai dengan baik ke roda. Maka blue core menekan kondisi tersebut dengan meminimalisir adanya gesekan pada dinding silinder guna mengurangi Energi yang menghilang tersebut sekaligus mengurangi Vibrasi yang dihasilkan mesin sehingga energi yang dihasilkan jauh lebih meningkat.

  • Mengoptimalkan Sistem Pendingin

Blue core mempunyai desain kisi-kisi silinder yang lebih tipis dan rapat. Sistem pendnigin bekerja secara aktif menyemprotkan oli guna menghilangkan panas pada ruang pembakaran. Blue Core diklaim 3 kali lebih ringan daari besi dan 3 kali awet dari silinder konvensional.

  • Ramah Linkungan.

Tujuan lainnya dibuatnya blue core ini adalah menekan emisi gas buang. Dengan Emisi gas buang yang lebih sedikit, maka itu akan mengurangi polusi dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *