Mengenal Teknologi E-banking Sebagai Fasilitas yang Memberikan Kemudahan Nasabah

Dunia perbankan, merupakan dunia paling memiliki fungsi essential bagi sistem keuangan dan cashflow masyarakat di Indonesia, baik untuk urusan pribadi ataupun urusan dalam dunia usaha yang mereka jalankan. Fungsi penting perbankan dalam mempengaruhi sistem keuangan masyarakat inilah, yang kemudian banyak memunculkan inisiatif bagi pengelola perbankan untuk memberikan berbagai fasilitas yang memungkinkan bagi masyarakat mudah dalam bertransaksi melalui sistem perbankan. Tidak hanya memudahkan dan memberikan kepraktisan bagi masyarakat, dewasa ini berbagai fasilitas yang dikeluarkan oleh pihak perbankan pun juga telah mengikuti perkembangan jaman dan teknologi yang ada. Dengan meluncurkan berbagai fasilitas berbasis teknologi yang biasa dikenal dengan teknologi e-banking, kini masyarakat tidak perlu lagi merasa repot dan sulit untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dalam keseharian mereka.

Fasilitas e-banking yang pertama dan banyak dikenal oleh masyarakat adalah ATM (Automated teller machine) yang merupakan mesin teller otomatis, dimana pada umumnya mesin ini banyak disediakan oleh pihak perbankan diberbagai tempat umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat, seperti pusat pembelanjaan dan SPBU. Jika dahulu masyarakat hanya mengenal mesin ini sebagai mesin penarikan uang tunai, kini seiring dengan berkembangnya waktu, mesin ini mulai dikembangkan dengan menambahkan berbagai fitur didalamnya seperti transfer, pembayaran mulitpayment, cek mutasi rekening dan fitur lainnya, yang biasanya juga dapat dilakukan dengan mendatangi langsung teller di bank.

Fasilitas perbankan lain yang juga menggunakan basis teknologi e-banking, yang kini telah hampir dimiliki oleh seluruh jasa perbankan di Indonesia, antara lain adalah:

  • EDC (Electronic data capture) atau yang dikenal oleh masyarakat umum sebagai mesin gesek, mesin ini biasanya banyak dimiliki oleh berbagai pusat pembelanjaan, SPBU dan instansi lainnya sebagai alat untuk menerima pembayaran dari konsumen mereka. Konsumen yang melakukan berbagai pembelanjaan barang ataupun jasa dapat menggunakan kartu debit ataupun kredit yang mereka miliki tanpa harus mengeluarkan uang tunai sebagai alat pembayaran yang sah.
  • Internet Banking, merupakan fasilitas perbankan yang memanfaatkan jaringan internet untuk memberikan kemudahan bagi para nasabahnya. Fasilitas ini memungkinkan para nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dari tempat mereka berada tanpa harus pergi ke bank.

SMS dan mobile banking, merupakan fasilitas lainnya yang diberikan kepada nasabah untuk memudahkan transaksi perbankan yang mereka lakukan. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh para nasabah dengan secara langsung mendaftarkan nomor handphone mereka kepada pihak bank untuk mendapatkan kemudahan tersebut. Cukup dengan sebuah handphone saja, berbagai transaksi dapat dilakukan dengan mudah.

Banyaknya teknologi e-banking yang diluncurkan oleh berbagai bank, memang dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan melakukan kegiatan perbankan dalam keseharian kita. Namun yang perlu Anda perhatikan dan menjadi catatan penting adalah tingkat kehati-hatian Anda dalam melakukan transaksi. Pastikan bahwa data, pin dan kunci lain yang Anda miliki telah Anda rahasiakan.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *