Mengenal Teknologi E-banking yang Memudahkan Nasabah

Internet banking atau yang lebih dikenal dengan e-banking merupakan kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet didalamnya. Dengan memanfaatkan website resmi dari suatu bank, nasabah bank tersebut dimungkinkan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan baik dalam penarikan, pengiriman, maupun melakukan simpanan, tanpa harus nasabah tersebut mendatangi bank terkait. Sistem teknologi e-banking yang dimiliki oleh setiap bank, biasanya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi, sehingga nasabah tidak perlu merasa khawatir untuk dapat bertransaksi dengan menggunakan sistem canggih ini.

Teknologi canggih dalam bidang perbankan ini, di Indonesia telah mulai banyak dikenal oleh orang beberapa tahun silam, dan kini hampir seluruh bank-bank nasional telah menggunakan sistem ini untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi para nasabah mereka. Sistem transaksi dalam e-banking ini pun telah diatur khusus oleh Pemerintah Indonesia, melalui bank Indonesia dengan dikeluarkannya Peraturan BI No.9/15/PBI/2007. Peraturan ini dikeluarkan pada tahun 2007, yang khusus membahas mengenai managemen resiko dalam penggunaan sistem teknologi informasi dalam bidang perbankan.

Berikut ini produk-produk perbankan yang memanfaatkan teknologi internet didalamnya, yang mungkin akan Anda temui ketika Anda memiliki sebuah rekening dalam sebuah bank berstandar nasional maupun internasional, yang antara lain adalah:

  • ATM atau Automated teller machine, mesin ini kini tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat penarikan dana tunai semata, namun berbagai transaksi perbankan mulai dari pengiriman atau transfer uang, hingga pembayaran berbagai tagihan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin ini.
  • EDC atau electronic data capture, yang merupakan mesin khusus yang dikeluarkan oleh sebuah bank, dimana mesin ini memiliki fungsi sebagai tempat menggesek kartu kredit yang difungsikan untuk melakukan berbagai transaksi jual beli tanpa menggunakan uang tunai.
  • Internet banking atau teknologi e-banking ini merupakan fasilitas bagi para nasabah bank, dimana hanya dengan menggunakan PC ataupun smartphone yang dimiliki nasabah, mereka dapat melakukan berbagai transaksi mulai dari pembayaran berbagai tagihan, transfer hingga pengecekan saldo yang dimiliki.

Baca juga ragam bisnis mengenai dunia digital/online hanya www.infobisnismenarik.com

Selain produk-produk teknologi tersebut diatas, masih terdapat produk perbankan lain yang juga memanfaatkan teknologi informasi didalamnya seperti sms banking, phone banking dan video banking. Produk pelayan perbankan modern ini memang khusus diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dengan tingkat aktivitas tinggi, sehingga memungkinkan mereka melakukan berbagai transaksi tanpa harus mendatangi bank secara langsung.

Sebagai nasabah dari sebuah bank, Anda berhak untuk menanyakan berbagai fasilitas perbankan yang mungkin dapat Anda lakukan. Oleh karena itu ketika Anda memutuskan untuk membuka rekening pada sebuah bank, Anda wajib untuk menanyakan fasilitas teknologi e-banking yang dimiliki oleh bank tersebut, agar nantinya Anda dapat menggunakan dan memanfaatkannya secara lebih optimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *