Mengenal Titan Robot Canggih Di Dunia

Salah satu robot canggih di dunia saat ini adalah Titan. Robot yang dirancang oleh Niek Fielding ini, mempunyai kemampuan bisa berkomunikasi multi bahasa dan mampu meragakan gerakan seperti halnya manusia.  Robot Titan ini memang sangat entertainment, ia sangat dikenal karena aksi dan pertunjukannya di beberapa Negara untuk acara komersil, amal, maupun acara pertunjukan. Yang membuatnya menjadi salah satu robot yang paling digemari oleh masyarakat milinea saat ini.

Robot canggih ini mempunyai panjang sekitar 2,4 m (7,9 kaki) dan berat  60 kg. Wajah robot ini menyerupai tengkorak, dan beberapa bahkan telah membandingkannya dengan Transformer . Dirancang oleh Nik Fielding, yang menjalankan misi Cyberstein dari Newquay, Cornwall, Inggris.  Titan telah dipamerkan pada berbagai acara publik dan swasta. Dan mampu menghipnotis para penggemar robot di seluruh dunia.

Aktor peraga dalam robot ini  adalah Steven Colbert. Dia berdiri di beberapa inci di dalam sepatu robot. Bagian terluar di sekitar pinggul dan sendi engsel lebih lebar dari aktor untuk membuatnya tampak robot. Namun, kaki benar-benar bertenaga manusia sehingga mampu presisi seperti dan gerakan fluida. Para aktor tubuh bagian atas, termasuk kepala dan lengan bagian dalam pakaian “dada” daerah. Ada cermin terlihat pada bagian depan dada yang mana aktor bisa melihat keluar, seperti visor cermin pada helm. Jas bahu, lengan dan kepala berada di atas aktor kepala nyata dan mencapai ketinggian 8 ft. Bagian atas ini adalah mesin yang dikendalikan remote. Actor juga  memiliki panel kontrol di dalam dada yang memungkinkan dia bisa berbagi peran sebagai aktor di dalam robot. Sebagian besar tindakan dan suara yang gerakan yang direkam sebelumnya hanya dipicu secara berurutan dengan memilih perintah yang tepat. Aktor dalam robot titan ini juga memiliki modulator suara untuk memungkinkan dia untuk berbicara selama pertunjukan.

Selain itu  remote kontrol juga dapat diambil alih oleh asistennya yang melihat dari jauh, jiks berads dalam hal bahaya atau ancaman yang perlu direspon cepat ketika  aktor tidak bisa melihat (misalnya jika anak-anak berjalan di sekitar robot titan saat acara berlangsung ketika aktor tidak bisa melihat ke samping atau di belakangnya, para asisten dapat melihatnya dan dengan cepat mengambil control titan agar tidak menimpa dan mencegah bahaya pada anak-anak di sekitar titan).

Selama pertunjukan, ada juga keamanan biasanya dalam karakter (pria dalam setelan hitam) yang digunakan tidak hanya untuk menambah misteri presentasi tetapi untuk menjaga orang-orang dari merusak panel dan kait yang menjaga,  membuka dan mengungkapkan orang dalam robot canggih titan ini. Ini adalah salah satu robot buatan manusia yang bisa dikatakan cukup aman dan bermanfaat sebagai penghibur di masa depan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *