Mengulas Tentang Kereta Bawah Tanah Milik Indonesia Beserta Keunggulannya

Mengulas Tentang Kereta Bawah Tanah Milik Indonesia Beserta Keunggulannya

Kereta merupakan salah satu sarana transportasi umum, yang dapat dijadikan sebagai mode transportasi modern sebagai solusi untuk mencegah kemacetan di Ibu kota. Dengan penggunaan alat transportasi umum ini sebagai alat transportasi sehari-hari maka kemacetan di ibukota pun dapat diatasi dengan mudah. Namun kereta api yang saat ini ada di ibukota memang tidak begitu dapat memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Selain fasilitas, tingkat kecepatan kereta api yang saat ini ada memang belum terlalu memadai, sehingga penggunaan kereta pun dirasa tidak dapat memberikan tingkat kenyamanan yang lebih bagi para penggunanya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Ibu kota dengan menggandeng kerjasama dengan pihak-pihak swasta telah merencanakan pembangunan kereta bawah tanah, yang merupakan mode transportasi yang terintegrasi.

 Baca juga : 2 Sisi dari Kereta Bawah Tanah

Tidak hanya terintegrasi dari satu tujuan ke tujuan lainnya, model transportasi ini juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, yang dapat memberikan kenyamanan yang lebih bagi para pengguna kereta, sehingga nantinya mereka akan berbondong-bondong beralih pada kereta ini, dan meninggalkan penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan. Dengan penggunaan kereta inilah, nantinya kemacetan di jalanan ibu kota, akan secara berangsur dapat berkurang dengan angka yang cukup signifikan.

 

Berikut ini beberapa gambaran keunggulan dari penggunaan kereta bawah tanah di Indonesia, yang nantinya dapat Anda rasakan sebagai sebuah wujud kenyamanan dalam menggunakan transportasi umum, yang antara lain adalah:

 

  • Akses ke tempat tujuan menjadi lebih mudah dan cepat, karena kereta ini memiliki tingkat kecepatan yang jauh lebih cepat dibanding kereta api yang sudah ada.
  • Fasilitas yang ada didalam kereta memungkinkan Anda untuk merasakan kenyamanan yang lebih dibanding jika Anda menggunakan kereta api jenis listrik ataupun kereta lainnya.
  • Jalur kereta bebas hambatan akan dapat Anda temukan, sehingga nantinya perjalanan yang harus Anda tempuh menjadi lebih aman untuk dilalui.

 

Proyek kereta api dengan jalur bawah tanah ini sendiri, telah dimulai dan secara penuh telah dikerjakan oleh perusahaan kontraktor asli Indonesia, dimana proyek pertama yang mereka buat merupakan proyek khusus untuk jalur perjalanan dari Stasiun bundaran Senayan menuju stasiun bundaran hotel Indonesia, dengan jarak 6,81 km. Sedangkan untuk fase pembangunan kereta tahap 1 ini, telah dirancang dengan jalur yang melalui kurang lebih 13 stasiun pemberhentian.

 

Untuk perkembangan proyek kereta bawah tanah ini sendiri, hingga saat ini pengembang telah berhasil menyelesaikan beberapa jalur bawah tanah, dengan jarak yang terus meluas. Proyek kereta api ini berdasarkan perencanaan yang telah dibuat, akan dapat digunakan mulai tahun 2018. Proyek ini nantinya akan dilanjutkan dengan proyek kereta api lainnya, yang secara bertahap akan diselesaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang nyaman dan cepat.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *