Meski Bermanfaat, Ternyata X Ray Juga Membahayakan Anda jika Terlalu Sering Digunakan

Meski Bermanfaat, Ternyata X Ray Juga Membahayakan Anda jika Terlalu Sering Digunakan

Teknologi yang canggih memang membuat kehidupan manusia dan juga pekerjaannya menjadi lebih mudah, salah satunya dapat Anda rasakan dalam dunia kedokteran dan juga medis. Saat ini, ada banyak peralatan canggih yang bisa digunakan untuk mengecek keadaan pasien dan juga membantu penyembuhan mereka dari suatu sakit. Alat-alat tersebut memang hanya ada di rumah sakit dan untuk memakainya, Anda pun harus menarik kocek yang cukup besar. Salah satunya adalah alat X Ray yang mampu memberikan gambar tulang-tulang Anda dan mengetahui apakah ada yang aneh atau yang lain dari tulang Anda, selain itu juga digunakan untuk melihat apakah ada gangguan lain yang menyerang Anda atau tidak. Namun, nyatanya terlalu sering mengambil foto tulang dengan alat tersebut tidak baik untuk tubuh Anda. Ini yang dapat terjadi pada Anda:

Meski Bermanfaat, Ternyata X Ray Juga Membahayakan Anda jika Terlalu Sering Digunakan

  • Produksi Sel Darah Menurun

Efek dari mengambil foto tulang Anda menggunakan alat tersebut secara sering dapat menyebabkan produksi sel darah yang ada pada tubuh Anda menurun. Hal ini disebabkan karena adanya radiasi yang dipancarkan alat ini. Hal ini memang merupakan suatu efek negatif dari pemakaian langsung. Jika sel darah dalam tubuh menurun, Anda dapat terserang beberapa penyakit, seperti anemia dan biasanya selalu merasa lemas, letih, dan mudah terkena penyakit lainnya. Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada luka fisik Anda yang sedang dalam proses penyembuhan atau penutupan luka.

Baca Juga:Mengenal Sistem Kerja X Ray Secara Menyeluruh

  • Infeksi Kulit

Efek dari mengambil foto dengan sinar X Ray yang lainnya adalah Anda dapat terkena infeksi atau iritasi kulit. Iritasi dan juga infeksi tersebut memiliki peluang lebih besar untuk menyerang kulit dari bagian tubuh yang memang terkena sinar tersebut secara langsung. Iritasi dan juga infeksi yang mulai terjadi dapat Anda lihat dengan bermunculannya kemerah-merahan pada kulit, ruam, dan juga bintik-bintik yang rasanya sangat gatal. Selain itu, bisa pula menyebabkan beberapa penyakit kulit, misalnya terasa panas atau perih.

  • Tidak Baik untuk Mata

Dampak yang kurang baik yang dihasilkan dari terlalu seringnya terkena sinar tersebut adalah dapat membahayakan mata Anda. Akan sangat berbahaya jika sinar tersebut mengenai organ tubuh Anda yang letaknya dekat dengan mata Anda, dan untuk memperparah, Anda tidak diberikan pelindung mata ketika sedang di foto. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan beberapa gangguan pada mata Anda, misalnya iritasi dan penglihatan pun menjadi menurun, dan paling parah adalah menjadi buta.

  • Pneumonia

Bahaya terakhir yang disebabkan karena sinar X Ray yang menyorot tubuh Anda terlalu sering adalah adanya penyakit pneumonia dan juga gangguan pada paru. Gangguan ini akan lebih sering muncul jika pasien tersebut mengambil foto pada dadanya. Radiasi yang dihasilkan sinar ini memberikan beberapa gangguan pada paru-paru, seperti sesak nafas, asma dan juga pneumonia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *