Mudah dan Murah Memanfaatkan Tenaga Surya dalam Kehidupan Sehari-hari

Mudah dan Murah Memanfaatkan Tenaga Surya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari penggunaan listrik. Listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk memasak nasi, mengalirkan air, menyalakan lampu, menambah daya ponsel, dan masih banyak lagi, namun tahukah Anda tentang tenaga surya yang bisa menjadi pembangkit listrik di rumah?

Mudah dan Murah Memanfaatkan Tenaga Surya dalam Kehidupan Sehari-hari

PLTS

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau yang biasa disebut sebagai PLTS merupakan wujud pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi yang mampu menghasilkan listrik. Kelebihan PLTS adalah ia mampu secara otomatis bekerja tanpa memerlukan operator serta tidak membutuhkan adanya bahan bakar. Caranya, bisa menggunakan photovoltaic secara langsung atau dengan pemusatan energi matahari. Photovoltaic inilah yang mampu merubah sinar matahari menjadi daya listrik. Sedangkan untuk yang menggunakan pemusatan energi ia memakai cermin atau lensa serta sistem pelacak yang akan memfokuskan sinar matahari pada area tertentu pada satu titik sehingga energi bisa terkumpul menjadi satu.

Manfaat Tenaga Surya Sebagai Pembangkit Listrik

Inovasi menjadikan tenaga surya untuk diubah menjadi daya listrik tentunya membawa dampak besar bagi masyarakat dunia seperti halnya di Indonesia. Hal ini tidak lain karena banyaknya manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat yang dilihat dari beberapa sudut pandang dari sinar matahari.

Sisi Ekonomi

Penggunaan tenaga surya sebagai pembangkit listrik hanya membutuhkan biaya di awal saja karena selanjutnya ia bisa bekerja sendiri. Apalagi didukung dengan kemudahan pemasangan serta tidak diperlukan biaya tambahan karena perawatannya juga cukup mudah. Ia juga cukup hemat kerana tidak membutuhkan bahan bakar khusus serta tidak membutuhkan pembangunan pada lokasi tertentu untuk dipasang. Pembangkit ini cenderung fleksibel untuk dipindahkan.

Sisi Lingkungan Hidup

Tenaga surya merupakan energi yang selalu terbarukan sehingga tidak dikhawatirkan akan habis suatu saat nanti jika digunakan secara terus menerus. Energi yang dihasilkannya pun cukup bersih, aman, dan ramah pada lingkungan. Bahkan ia mampu mengurangi emisi gas rumah kaca yang ada pada suatu lingkungan dengan jumlah mencapai 18 ton setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat sayang jika Anda tidak memanfaatkannya untuk lingkungan di mana Anda tinggal saat ini.

Sisi Daya Jangkau dan Kebutuhan Listrik

Tidak diragukan lagi jika setiap tahun kebutuhan akan listrik terus meningkat mengingat teknologi juga semakin berkembang dan mereka tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan daya listrik. Oleh karena itu penggunaan tenaga surya di lingkungan sekitar akan sangat membantu memenuhi kebutuhan akan listrik, mengingat setiap daerah pasti akan terkena pancaran sinar matahari. Banyak daerah yang kebutuhan listriknya bisa dipenuhi seperti daerah-daerah yang terisolir. Di Indonesia sendiri, memanfaatkan energi matahari sangatlah pas mengingat Indonesia adalah daerah tropis yang akan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Pemanfaatan sinar matahari sebagai tenaga listrik di Indonesia dapat dirasakan oleh segala penjuru nusantara.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *