Part 1 – Info Terbaru, Memaksimalkan Teknologi Untuk Anak

Seiring perkembangan dan kemajuan di bidang teknologi, beragam info terbaru dapat dengan mudah kita dapatkan. Tidak dipungkiri dengan adanya teknologi modern, seperti digital dapat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Beragam informasi sudah dapat dengan mudah kita dapatkan, salah satunya adalah gadget.

Siapapun kini tidak asing dengan gadget, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan para balita-pun sudah tidak asing dengan gadget. Sebagai orang tua, sebaiknya sudah sejak dini memperkanalkan peranan dan manfaat teknologi. Hal tersebut peru dilakukan agar penggunaan teknologi tidak berdampak negatif. Dalam artikel ini kami akan memberikan info terbaru bagaimana caranya memaksimalkan penggunaan teknologi untuk anak.

Gadget dan Kehidupan

Meskipun berdampak negatif ada juga beberapa hal positif yang bisa dimanfaatkan oleh anak. Selain sebagai media komunikasi, gadget bisa dijadikan media pendidikan dan hiburan.

Coba bayangkan anak-anak sekarang begitu mahir menggunakan gadget, umumnya mereka belajar sendiri. Pada dasarnya anak-anak memiliki kecerdasan, mereka tidak takut mencoba menekan atau menyentuh tombol gadget. Dan peranan orang tua untuk mengarahkan kearah yang bermanfaat sudah menjadi keharusan.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara orang tua seharusnya mengenalkan teknologi untuk pendidikan secara bijak.

  • Mengalokasikan waktu bermain dengan pendidikan

Sama seperti sedang bermain tanpa gadget, tentu Anda harus mengalokasikan waktu bermain bersama anak. Mendampingi anak saat bermain membantu anak memahami dan mempelajari mainan yang ia mainkan. Sama halnya saat anak bermain gadget, peran Anda mendampingi sangatlah besar. Beri anak pembelajaran dan arahkan kepada hal-hal yang diminatinya.

Baca Juga:7 Teknologi Terbaru Super Canggih

  • Variasi adalah Kunci

Saat ini banyak sekali aplikasi dari setiap operating sistem yang bisa di unduh gratis. Umumnya aplikasi-aplikasi tersebut dikembangkan berdasarkan usia pengguna. Contohnya ada aplikasi khusus untuk balita yang bertujuan mengajarkan anak mengenal berbagai macam suara, warna, bentuk dan benda-benda.

Biasanya anak akan merasa jenuh dan minta untuk mencari aplikasi lain. Anda bisa membantu rasa jenuhnya tidak hanya dengan mencari aplikasi lainnya namun bisa coba dengan variasi. Misalnya: jika anak sedang belajar mengenal warna dan bentuk melalui gadget. Siapkan benda-benda yang ada di sekelilingnya yang sesuai dengan warna dan benda yang ada di gadget. Tentu acara bermain menjadi lebih menyenangkan.

  • Rangsangan Kognitif

Memberikan rangsangan kognitif menggunakan teknologi bisa dengan memanfaatkan cerita anak-anak dari internet. Anda bisa membacakan cerita dengan ekspresi, intonasi dan mimik wajah yang sesuai dengan tokoh dalam cerita.

Cara tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan si kecil dalam berimajinasi, memecahkan suatu masalah, belajar sebab akibat dan mencerna informasi yang baik dan benar.

Selain tiga cara yang kita bahas tersebut, masih ada tips lainnya yang akan kita bahas pada artikel info terbaru bagian dua. Yuk, simak pada artikel selanjutnya apa yang meski orang tua lakukan agar anak dapat memaksimalkan penggunaan gadget.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *