Part 2 – Info Terbaru, Memaksimalkan Teknologi Untuk Anak

Pada artikel info terbaru sebelumnya kita sudah membahas tiga poin penting bagaimana caranya orang tua mengarahkan anak agar dapat memaksimalkan penggunaan teknologi khususnya gadget.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kelanjutan info terbaru cara memaksimalkan teknologi untuk anak agar berdampak positif. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

  • Porsi yang Tepat

Walaupun gadget memberikan aplikasi yang lengkap untuk stimulus anak, namun mereka tetap harus bermain di luar. Permainan di luar bermanfaat mengembangkan kemampuan motorik anak. Selain itu bermain bersama kawan-kawannya membantu anak belajar bagaimana bersosialisasi.

Jangan biarkan anak terlalu lama bermain gadget, jika terlalu lama dan berlangsung terus menerus bisa membuat anak malas, tidak bergerak dan tidak baik untuk kesehatan matanya. Jadi tetap biasakan ia bermain di luar, dengan bermain di luar tubuhnya aktif bergerak kesana kemari. Aktivitas bermain yang aktif secara tidak langsung seperti sedang berolahraga, sehingga tubuh anak tetap sehat dan bugar.

  • Pahami Dasar Teknologi

Mengikuti perkembangan teknologi diperlukan agar Anda bisa menjadi pembimbing bagi anak-anak. Tidak dipungkiri anak-anak jaman sekarang lebih aktif dengan teknologi. Jika Anda update terhadap perkembangan teknologi akan lebih bisa memantau.

  • Membuat Aturan dan Batasan

Fungsi pengawasan orang tua sangatlah penting. Dengan adanya pengawasan secara otomatis Anda memberikan batasan dan aturan termasuk keamanan saat menggunakan gadget. Pengawasan juga membantu mambatasi berapa sering anak memakai gadget dan permainan apa yang boleh dimainkan.

Baca Juga:Part 1 – Info Terbaru, Memaksimalkan Teknologi Untuk Anak

  • Belajar Bersama

Jika digunakan dengan secara maksimal dengan hal-hal yang positif, gadget bisa menjadi sarana pendidikan yang efektif. Anda bisa memadukan permainan dengan menambah interaksi saat bermain. Kegiatan bermain dan belajar dengan gadget bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

  • Mengasah Kemampuan Motorik

Saat si kecil menekan atau menyentuh layar, menggerakan keypad ternyata bisa memberikan sensasi yang asik pada anak. Ia merasa seakan-akan sedang melukis dengan jari. Gerakan-gerakan tersebut ternyata dapat merangsang kemampuan motorik dan melatih kordinasi antara mata dan tangan. Anda bisa memberikan jenis permainan game seperti: menangkap bola, menyusun puzzle dan permainan lainnya yang sesuai.

  • Mengajarkan Sebab Akibat

Anak-anak senang melihat benda yang bisa bergerak sendiri, saat ia menekan atau menyentuh tombol. Nah, Anda bisa mengajak anak bermain dengan melatih jarinya untuk menyentuh atau menekan tombol.

  • Menjauhkan Gadget dari Jangkauan Anak

Setelah Anda membuat aturan dan batasan bermain gadget, maka anak dilatih disiplin dan mematuhi aturan yang disepakati. Jika anak merengek minta bermain dengan gadget, Anda harus tahan dan tegas. Sebaiknya setelah selesai bermain, simpan gadget dari jangkauan anak-anak.

Demikian info terbaru khusus untuk orang tua dalam mendidik dan memperkenalkan teknologi gadget kepada anak. Dengan harapa kelak anak-anak menjadi bijak dalam menggunakan teknologi untuk hal-hal yang berguna bagi dirinya dan orang lain.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *