Penasaran Apa Komponen Utama dari Radar? Inilah Bagian-bagiannya!

Penasaran Apa Komponen Utama dari Radar? Inilah Bagian-bagiannya!

Mungkin sering kali Anda penasaran, bagaimana manusia bisa menghitung kedalaman sebuah laut yang setelah diteliti memiliki kedalaman berkilo-kilo meter, atau bagaimana pesawat dapat tetap berjalan dengan baik tanpa menabrak satu sama lain. Hal tersebut mungkin pernah menjadi pertanyaan terbesar Anda yang ada dalam hidup sebelum teknologi sudah maju dan berkembang. Tidak perlu heran, semua itu bisa diperhitungkan karena adanya radar. Alat ini dapat menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengukur dan juga mendeteksi segala barang yang berada dalam cakupannya. Alat tersebut pun biasanya dipasangkan pada pesawat terbang dan juga kapal laut. Selain itu, ternyata sekarang ini badan yang meneliti meteorology juga menggunakan alat ini untuk mengetahui curah hujan yang turun dan merupakan alat yang digunakan untuk membuat perkiraan cuaca. Meski pun radar berbeda-beda jenisnya, namun mereka sama-sama memiliki bagian utama yang serupa, yaitu:

 Penasaran Apa Komponen Utama dari Radar? Inilah Bagian-bagiannya!

Antenna

Komponen utama yang ada pada alat tersebut adalah antena. Alat ini tidak boleh sampai tidak ada, karena sangat berguna untuk alat tersebut. Antena bekerja sebagai reflector yang nantinya membuat piring parabola dan melepaskan energy elektromagnetik dengan satu titik fokus dan memantulkannya menggunakan permukaannya. Benda ini juga memiliki 2 kutub dan jika ada sinyal masuk, maka akan segera dijabarkan ke dalam bentuk phased-array atau bertahap. Setelah semuanya tertangkap oleh antena, maka akan langsung disalurkan ke sistem pusat alat tersebut.

 Baca Juga : Ulasan Seputar Pengertian dan Penggunaan Radar untuk Transportasi

Pemancar Sinyal

Komponen utama yang kedua yang harus selalu ada pada sebuah radar adalah pemancar sinyal atau yang kerap disebut juga dengan transmitter. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan gelombang elektromagnetik dengan menggunakan reflector dari antena. Hal tersebut dilakukan diperuntukan sinyal dari objek yang ada di daerah yang tertangkap alat tersebut dapat dengan mudah dikenali. Komponen ini biasanya memiliki bandwidth yang memiliki kapasitas yang cukup besar. komponen ini juga mempunyai tenaga yang kuat, bisa dipercaya dan juga efisien, serta sangat mudah untuk dirawat.

 

Penerima Sinyal

Komponen utama yang terakhir yang tentunya dimiliki oleh alat tersebut adalah penerima sinyal atau receiver. Komponen ini memiliki fungsi untuk menerima gelombang elektromagnetik yang dipantulkan kembali dari objek yang terdeteksi alat tersebut dengan menggunakan reflector pada antena. Komponen ini biasanya memiliki kelebihan untuk menyaring jenis sinyal yang masuk agar dapat sesuai dengan apa yang diinginkan. Selain itu, komponen ini juga dapat menguatkan sinyal dari objek dan meneruskannya dalam data serta ditampilkan pada monitor.

 

Itulah beberapa komponen utama yang biasanya dimiliki oleh seluruh jenis radar yang dipakai di dunia ini. Meski memiliki kegunaan yang berbeda dan juga jenis yang beda, namun nyatanya sistem dan juga rancangannya hanyalah satu dan tidak akan pernah berubah, yaitu memakai ketiga komponen tersebut agar mendapatkan hasil yang diinginkan meski kelihatannya seperti mustahil.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *