Pengaruh Teknologi Sosial Media dalam Kehidupan

Pengaruh Teknologi Sosial Media dalam Kehidupan

Kemajuan teknologi kini seolah telah merambah dalam segala bidang, terutama dalam bidang komunikasi. Kemajuan dalam bidang komunikasi ini memang terlihat lebih pesat dari bidang lainnya, dimana hal ini dapat kita lihat dari terus berkembangnya media komunikasi dengan basis digital diseluruh pelosok dunia. Salah satu wujud dari kemajuan teknologi komunikasi, yang memang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia adalah teknologi sosial media. Teknologi komunikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk dapat terhubung dengan berbagai orang baik secara individu ataupun berkelompok, tanpa mengenal batas waktu dan jarak antara para penggunanya. Sosial media ini biasanya juga banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk dapat berbagi cerita mengenai berbagai hal yang mereka alami.

Pengaruh Teknologi Sosial Media dalam Kehidupan

Meskipun memberikan kemudahan bagi banyak kalangan untuk dapat berkomunikasi secara langsung baik melalui suara, tatap muka ataupun dalam bentuk tulisan, namun jika tidak digunakan dengan bijak, sosial media yang merupakan teknologi komunikasi ini pun akan dapat membawa dampak yang negatif bagi kehidupan. Namun jika kita mampu menggunakannya dengan baik teknologi ini pun bahkan dapat kita jadikan sebagai media untuk dapat memperoleh berbagai keuntungan didalamnya.

Berikut ini beberapa manfaat teknologi sosial media yang dapat membawa pengaruh positif dalam kehidupan kita, yang antara lain adalah:

  • Memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan berbagai teman masa lampau, karena melalui sosial media inilah kita dapat dengan mudah mencari teman berdasarkan riwayat sekolah ataupun tempat tinggal.
  • Memberikan kita kesempatan yang lebih luas untuk dapat mengenal berbagai orang dari berbagai tempat dan profesi yang memang belum kita kenal sebelumnya.
  • Memberikan kita kesempatan untuk dapat menimba berbagai ilmu dan pengetahuan, karena secara umum sosial media kini tidak hanya digunakan secara personal namun juga secara cooperated

Jika Anda jeli dalam memanfaatkan sosial media ini, keuntungan yang lebih besar pun dapat diperoleh dengan mudah. Dengan menjadikan sosial media sebagai media promosi berbagai produk yang Anda miliki, maka keuntungan secara lebih luas akan dapat Anda peroleh dengan mudah. Selain sebagai media promosi, sosial media pun dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk menjajakan berbagai komoditi yang Anda miliki, sehingga komoditi tersebut pun dapat dikenal masyarakat luas secara lebih menyeluruh. 

Pemanfaatan teknologi sosial media sebagai sarana komunikasi yang tepat memang akan membawa pengaruh yang positif dalam berbagai sisi kehidupan. Namun jika kita tidak memiliki kontrol terhadap penggunaan sosial media ini, maka kehidupan yang penuh teknologi pun akan dapat memancing sikap kecanduan dan bahkan menggiring kita pada rasa kemalasan yang tinggi. Penggunaan sosial media yang berlebihan pun tidak hanya akan merubah sikap hidup kita menjadi lebih malas, namun juga akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya manfaatkanlah sosial media sebijak mungkin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *