Pengertian Bluetooth Beacon

Pengertian Bluetooth Beaconperkembangan teknologi telah mengalami kemajuan yang pesat. Dalam hal tranformasi data menggunakan bluetooth pun juga mengalami hal yang serupa. Teknologi bluetooth kini telah berkembang pada tingkatan yang lebih tinggi. Teknologi terbaru tersebut bernama Bluetooth Beacon. Apa itu Bluetooth Beacon? Berikut penjelasannya untuk anda.

Bluetooth Beacon merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu anda melakukan segala hal yang berhubungan dengan konektivitas data dengan lebih mudah dari yang pernah terbayangkan sebelumnya. Teknologi ini pertama kali dibuat oleh Google. Semacam pemancar yang memberikan anda kemudahan info dari hal-hal disekitar anda.

Yup, ini adalah teknologi yang menggabungkan segala bentuk informasi di sekitar anda tanpa harus meng-install aplikasi dari setiap produk yang anda sedang cari. Teknologi ini terhubung dengan Google Chrome. Jadi anda nantinya akan mendapatkan pemberitahuan dari Chrome ketika anda berada di wilayah yang telah dilengkapi oleh teknologi tersebut. Chrome akan menanyakan, apakah anda tertarik untuk berinteraksi atau tidak.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa saja dengan mudah menemukan apa yang mereka sedang cari. Termasuk memberikan informasi nomer telepon, menu makanan, memmpermudah antrian hingga membuka pintu mobil yang terkunci. Teknologi bluetooth Beacon ini menawarkan kepraktisan dan juga efisisensi dalam kehidupan yang serba canggih ini.

Bagaimana cara agar bisa turut menikmati kemudahan teknologi Bluetooth Beacon ini? Cara termudahnya adalah melalui aplikasi Google Chrome. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama dengan Teknologi Ibeacon milik Apllle yang telah dikembangkan terlebih dahulu.

Bluetooth Beacon merupakan sebagian kecil dari makin luasnya perkembangan teknologi saat ini. Di Indonesia, mungkin baru sebagian tempat saja yang menggunakan teknologi ini. Seperti di salah satu Mall di Jakarta, yaitu, Pacific Place. Pacific Place Mall menawarkan sistematika yang menggunakan teknologi terbaru Bluetooth Beacon ini. Teknologi bluetooth beacon yang dipasang di mall ini memungkinkan pengunjung untuk dapat terlibat langsung di dalam location- based mission menarik yang ditawarkan oleh penyelenggara mall tersebut. Seperti penawaran-penawaran diskon yang menarik oleh gerai-gerai tertentu di mall tersbeut, menu-menu yang murah dan enak, atau butik-butik dengan potongan diskon yang menarik, informasi tentang layout mall tersebut juga bisa dapat anda akses.

Dengan adanya penanaman teknologi bluetooth beacon di mall tersebut, pihak mall dapat memanfaatkan teknologi Micro-Location yang terletak di dalam jaringan bluetooth beacon tersebut, untuk dapat melacak pergerakan serta lokasi seluruh pengunjung mall tersebut. Teknologi Micro-Location ini tersedia di setia lantai Mall. Jadi anda dapat sedikit bernafas lega, ketika anak anda tiba-tiba terpisah dari anda. Bluetooth beacon akan membantu anda memudahkan pencarian.

Well, sudah saatnya untuk mencoba teknologi canggih satu ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *