Penjelasan Seputar Apa Itu Teknologi Big Data

Bagi Anda yang bekerja atau kuliah di bidang teknologi dan informatika tentu tidak asing dengan istilah teknologi big data. Namun masih banyak orang yang asing dengan istilah ini. Padahal di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, teknologi ini semakin ramai dibicarakan.

Big data merupakan teknologi yang sangat penting digunakan oleh sebuah perusahaan, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki jumlah data yang sangat banyak dan besar. Dua perusahaan raksasa yang menggunakan teknologi ini adalah Facebook dan Google, digunakan untuk memproses data-data dengan cepat dan akurat. Untuk lebih memahami apa itu teknologi big data, sebaiknya pahami terlebih dahulu definisinya sebagai berikut.

Pengertian Big Data

Jika akan membahas big data maka mau tidak mau kita harus merujuk terlebih dulu pada pengertiannya. Big data bukanlah sebuah teknik, teknologi ataupun inisiatif yang berdiri sendiri. Bisa dibilang big data merupakann trend yang mencakup wilayah yang luas dalam dunia teknologi dan bisnis.

Big data dapat menunjuk pada sebuah teknologi dan insiatif yang melibatkan berbagai jenis data yang beragam, cepat berubah dan ukurannya sangat besar sehingga susah bagi teknologi atau infra struktur konvensional untuk menanganinya. Dengan kata lain, big data adalah sesuatu yang memiliki:  

  • Ukuran atau volume
  • kecepatan atau velocity
  • ragam atau variety

Ketiga hal tersebut terlalu ekstrim atau tidak memungkinkan jika dikelola dengan cara/ teknik yang konvensional. Untuk mengetahui lebih jelas, simak penjelasannya berikut ini.

  • Ukuran (Volume)

Pada tahun 2000, komputer biasa umumnya hanya memiliki kapasitas penyimpanan 10GB. Saat ini facebook sudah menyedot sekitar 500 terabytes data baru perharinya. Sedangkan sebuah pesawat Boeing 737 menghasilkan sekitar 240 terabytes data penerbangan yang melintasi Amerika. Apalagi dengan semakin banyaknya pengguna smartphone akan semakin banyak jutaan data baru yang terupdate berhubungan dengan berbagai macam hal.

  • Kecepatan (Velocity)

Click streams dan ad impressions mencatat perilaku para pengguna internet dalam jutaan event per setiap detiknya. Algoritma jual beli suku bunga atau sahamd alam frekuensi tinggi dapat dijadikan cerminan perubahan pasar dalam hitungan micro seconds. Proses ini melibatkan hubungan antara mesin yang satu dengan yang lainnya dalamhal pertukaran data antar berbagai perangkat yang jumlahnya bisa jutaan.

  • Ragam (Variety)

Big data tidak hanya tentang data yang berupa angka, tanggal atau rangkaian teks saja. Namun meliputi juga data-dataruang atau geospatial, audio, video dsb. Berbeda dengan sistem data tradisional atau konvensional yang datanya didesain tersetruktur, tidak terlalu sering update dan bisa diprediksi, volumenya tidak sebesar big data.

Dalam hal ini teknologi big data sama seperti halnya Mongo DB atau HBase yang memberikan solusi fleksible yang memungkinkan peningkatan profit sebuah perusahaan secara siginifikan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *