Penjelasan Seputar Kartu Memori Kamera

Bagi Anda yang memiliki kamera dan memiliki hobi fotografi, salah satu komponen yang penting adalah memori kamera. Dengan adanya memori dapat menampung data atau file gambar dari kamera. Semakin besar kapasitas memori maka semakin banyak data yang bisa ditampung. Lebih jelasnya simak ulasan mengenai memori atau flash card berikut ini.

Fungsi Kartu Memori

Kartu memori atau flash card merupakan perangkat penyimpanan data elektronik yang digunakan untuk menyimpan beragam informasi digital. Biasanya digunakan pada perangkat portable seperti: kamera, ponsel, laptop, komputer dsb. Dengan adanya kartu memori segala data atau file dapat disimpan.

Jenis-Jenis Kartu Memori

sekarang sudah ada berbagai macam jenis kartu memori yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Anda bisa memilih kartu memori berdasarkan jenis perangkat yang digunakan. Jadi sebelum membeli kartu memori sebaiknya ketahui spesifikasi jenis memori card, cara untuk mengetahuinya bisa dengan lihat buku panduan kamera. Biasanya dicantumkan penjelasan jenis memori card yang support.

Beberapa jenis kartu yang digunakan adalah: Compactflash 1 & 2, secure digitar card atau lebih dikenal dengan istilah SD Car, micro SD, memori stick dsb.

Kapasitas Kartu Memori

Ada berbagai kapasitas kartu yang bisa Anda pilih, yaitu: 4GB, 8GB, 16GB, 32GB dan ukuran yang lebih besar lainnya. Namun perlu diketahui, bahwa masing-masing kamera memiliki batas maksimal penyimpanan kapasitas memori, jadi sebaiknya pilih memori yang kapasitasnya sesuai dengan kemampuan kamera milik Anda.

Kecepatan Kartu Memori

Semakin berkembangnya teknologi diikuti pula dengan para produsen elektronik yang mengembangkan produknya, termasuk memoy card. Standarnisasi kecepatan kecepatan pada memory card kamera digital memiliki kode class yang masing-masing kecepatannya 2, 4, 6 dan 10. Semakin besar kode class-nya maka kecepatannya semakin besar. Berikut ini standarnisasi kecepatan kartu memori kamera berdasarkan kode class-nya.

  • Class 2, kecepatan 2MB/sec
  • Class 4, kecepatan 4MB/sec
  • Class 6, kecepatan 6MB/sec
  • Class 10, kecepatan 10MB/sec

Beberapa perusahaan saling berlomba memberikan kecepatan yang maksimal pada produk memori card-nya. Misalnya: kode class 10 dengan kecepatan mencapai 30MB/sec bahkan ada yang lebih dari 90 MB/ sec.

Merk Kartu Memori

Seperti membeli barang lainnya, membeli kartu memori juga harus hati-hati dan teliti. Apalagi sekarang sudah banyak beredar kartu memori palsu atau dikenal dengan istilah barang KW. Memori card yang KW bisa saja kecepatannya tidak sesuai dengan class yang ditulis. Dikhawatirkan berdampak pada jaminan foto yang disimpan, seperti: tidak bisa terbaca. Tentu hal ini tidak diinginkan apalagi jika foto yang diambil merupakan moment atau peristiwa penting.

Jadi sebaiknya pilih kartu memori kamera dengan merk asli dan usahakan beli di toko yang terpercaya. Pertimbangkan spesifikasi kartu jangan hanya mempertimbangkan harganya yang murah. Jika salah pilih bisa mengakibatkan penyesalah karena kehilangan data yang penting.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *