Perkembangan Internet Dunia Termasuk Indonesia

Perkembangan Internet Dunia Termasuk Indonesia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih menjadi begitu berpengaruh pada kehidupan masyarakat dunia. Apalagi dengan adanya internet, salah satu jaringan komputer yang tidak bisa lepas dari keseharian umat manusia di dunia ini. Jika dilihat, secara kasat mata internet memiliki manfaat bagi aktivitas sehari-hari. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan bantuan internet. Bahkan kini, perkembangan internet membuat kita memanfaatkan browser di smartphone baik untuk kepentingan pekerjaan atau hanya untuk mencari informasi dan memanfaatkan waktu luang. Lantas, sudahkah Anda mengetahui bagaimana mulanya internet bisa berkembang pesat hingga sekarang ini?

Perkembangan Internet Dunia Termasuk Indonesia

Sejarah Munculnya Jaringan Internet

Perkembangan internet di masa modern ini tidak lepas dari peran banyak orang di masa lampau. Mulanya, internet berasal dari jaringan komputer yang dibuat oleh departemen Pertahanan Amerika Serikat yang membangun proyek jaringan komputer atau yang dikenal sebagai ARPANET pada tahun 1969. ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network ini dibuat adalah untuk menunjang kepentingan militer pada saat itu guna mencegah terjadinya serangan militer dan membantu menyebarkan informasi militer dengan cepat. Internet tersebut memiliki prinsip kerja yaitu menghubungkan beberapa software dan hardware pada komputer berbasis UNIX yang nantinya akan mampu berkomunikasi dalam suatu jarak tertentu melalui pesawat telepon.

Selanjutnya pada tahun 1972, ARPANET diperkenalkan menjadi dua kelompok yaitu MILNET yang digunakan untuk kepentingan militer negara dan ARPANET yang baru digunakan untuk kepentingan lain seperti digunakan sebagai sarana belajar di universitas. Yang selanjutnya kedua jaringan ini digabung dengan sebutan DARPA atau yang lebih dikenal sebagai internet.

Internet Masa Kini

Internet di masa sekarang ini menjadi jauh lebih canggih. Ini dibuktikan dari kemampuannya menghubungkan seseorang dengan orang lain yang berada jauh di benua lain untuk bisa berkomunikasi dengan cepat. Bahkan kecepatan informasi dari suatu daerah bisa langsung seketika diperoleh di seluruh pelosok dunia. Perkembangan internet mampu mempermudah Anda dalam mengakses informasi dengan bermacam-macam bentuk mulai dari gambar, suara, tulisan, audio visual dsb.

Baca Juga : Tidak Banyak yang Tahu LiFi

Internet Masuk Indonesia dan Perkembangannya

Pada tahun 1985, Eropa sudah berusaha membangun jaringan komputer menggunakan koneksi internet yaitu EuropaNET dan EBONE. Kedua jaringan ini merupakan sistem yang akan mengintegrasikan jaringan komputer dengan teknologi internet di seluruh kawasan Eropa. Selanjutnya, konsep ini pun diikuti oleh negara-negara lain termasuk Indonesia. Internet pertama kali masuk ke Indonesia pada akhir dekade 80’an.

Internet yang masuk ke Indonesia umumnya digunakan untuk kegiatan yang memiliki sifat hobi dan untuk kegiatan non komersial. Setelah masuk nusantara, internet kemudian digunakan untuk sarana pembelajaran pada komunitas akademisi atau mahasiswa dan para ahli telekomunikasi untuk dikembangkan, hingga muncul IndoNET yang menjadi ISP atau Internet Service Provider.

Hingga kini, perkembangan internet di Indonesia dibuktikan banyaknya orang yang tergabung. Indonesia merupakan negara di Asia yang memiliki pengguna internet terbanyak. Gaya hidup masyarakat Indonesia pun mulai bergeser. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tidak bisa lepas dari peran internet. Saat ini juga telah banyak ISP yang berkembang di Indonesia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *