Perkembangan Teknologi Game Online

Game online merupakan permainanvideo yang dimainkan dalam bentuk jaringan pribadi. Dengan adanya permainan ini membuktikan perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju. Bermain video game sudah bisa digunakan di komputer pribadi, konol video game atau menggunakan perangkat dengan teknologi android, seperti smartphone.

Memainkan game online syaratnya harus terhubung dengan koneksi internet. Game online mencerminkan meluasnya jaringan komputer dari jaringan lokal ke internet dan menjadi cerminan semakin meluasnya akses internet itu sendiri.

Ada banyak jenis game online,dari yang sederhana berbasis teks grafis atau menggabungkan sesuatu yang kompleks dan dunia yang dihuni oleh banyak gamers dalam waktu yang bersamaan. Bermain game online tidak hanya bisa dimainkan oleh pemain tunggal, namun bisa dimainkan oleh banyaknya pemain dalam permainan dan waktu yang sama. Oleh sebab itu game online menjadi bentuk kegiatan sosial yang banyak dimainkan oleh komunitas online.

Definisi Game Online

Game online dapat diartikan sebagai hasil dari perkembangan teknologi daripada istilah sebuah genre atau bisa juga disebut sebuah mekanisme yang menghubungkan pemain dengan pemain bersama-sama dibandingkandaripada pola tertentu atau gameplay. Game online bisa dimainkan jika terhubung dengan jaringan internet.

Salah satu keuntungan bermaingame online adalah dapat terhubung ke permainan yang multiplayer dan bisa dimainkan secara single player.

Tipe-Tipe Game Online

Game online dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • First Person Shooter atau FPS adalah game dimana pemain seolah-olah berada di dalam permainan. Umumnya game ini mengambil seting tembak-tembakan atau petualangan.
  • Real time strategi adalah game yang lebih menekankan pada taktik atau strategi pemainnya. Biasanya pemain bisa memilih karakter yang akan dimainkan.
  • Cross platform online merupakan game yang dimainkan dengan hardware yang berbeda, contohnya need speed undercover yang bisa dimainkan dari PC atau Xbox 360 berupa hardware atau console game yang memiliki konektivitas ke jaringan internet.
  • Browser Games adalah jenis game yang dimainkan pada browser. Dimana sebuah browser dapat memainkan game. Namun syaratnya sudah mendukung flash, php atau javascript.
  • Massive multiplayer online games adalah game dimana para pemain bermain dalam sekala yang besar, bisa mencapai 100 orang pemain. Setiap pemain berinteraksi langsung seperti di dunia nyata.

Sedangkan dari teknologi grafis, game online dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Game 2 Dimensi, rata-rata jenis game ini tidak membebani sistem atau ringan. Namun kualitas gambarnya tidak begitu jelas dan tajam seperti pada game 3D.
  • Game 3 Dimensi adalah game dengan grafis yang sudah baik, menyerupai realis. Biasanya game ini memiliki perpindahan sudut hingga 360 derajat. Game jenis ini merupakan perkembangan teknologi yang lebih canggih dari game sebelumnya, namun harus dimainkan di perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *