Perkembangan Teknologi Indonesia dalam Bidang Informasi

Perkembangan Teknologi Indonesia dalam Bidang Informasi

Indonesia termasuk dalam negara yang sedang berkembang sehingga tidak heran apabila ekonomi, teknologi, transportasi, dan berbagai hal lainnya belum menawarkan hal yang terbaik seperti pada negara yang sudah maju pada umumnya. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat masyarakat patah semangat dan berusaha untuk memperbaiki diri dengan melakukan berbagai inovasi yang juga bisa untuk difasilitasi pemerintah. Perkembangan teknologi Indonesia sendiri bisa digunakan untuk berbagai bidang dengan proses masing-masing. Salah satunya adalah perkembangan yang terjadi pada bidang informasi yang memuat beberapa hal. Misalnya perkembangan yang ada pada bidang informasi di Indonesia adalah:

Perkembangan Teknologi Indonesia dalam Bidang Informasi

  • Perkembangan televisi

Jenis perkembangan untuk bidang teknologi informasi adalah dari televisi. Peralatan elektronik merupakan salah satu yang bisa menjadi hiburan masyarakat baik dari kalangan atas hingga bawah. Televisi di Indonesia sendiri sekarang mempunyai banyak variasi yang bisa dipilih dari banyaknya channel yang ada baik itu pada televisi nasional, televisi lokal, dan juga televisi yang mempunyai channel dengan syarat berlangganan terlebih dahulu. Untuk proses perkembangan televisi di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1962 yang muncul stasiun pertama di Indonesia yaitu TVRI sebagai channel yang dipunyai oleh pemerintah. Kemudian berkembang dengan banyak channel lainnya sehingga masyarakat mempunyai lebih banyak pilihan tontonan sehari-harinya.

 Baca Juga:Mengenal Berbagai Teknologi Indonesia Asli yang Belum Diketahui Banyak Orang

  • Perkembangan satelit

Perkembangan teknologi Indonesia lainnya adalah dari peluncuran berbagai satelit yang ada di Indonesia. Satelit yang dipunyai Indonesia adalah Palapa yang mempunyai banyak generasi dengan fungsi yang beragam. Peluncuran satelit tersebut dikenal dengan program SKSD atau Sistem Komunikasi Satelit Domestik. Program tersebut dilakukan pada tahun 1975 hingga 1976 yang berhasil untuk meluncurkan Palapa A1 dari Amerika Serikat. Setelah itu kemudian ada banyak generasi selanjutnya yang diluncurkan untuk membantu sistem komunikasi dan juga informasi yang ada di Indonesia. Misalnya ada Palapa A-2, Palapa B-1, Palapa C-2, Palapa Garuda 1, Palapa D, dan masih banyak lainnya.

  • Perkembangan komputer dan internet

Untuk perkembangan dalam bidang teknologi informasi selanjutnya adalah dari komputer dan juga internet. Komputer mulai diperkenalkan dan digunakan di Indonesia pada tahun 1970 an yang ada di perguruan tinggi. Kemudian mulai banyak digunakan oleh akademisi untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Akan tetapi tentu saja belum mempunyai fitur yang canggih seperti sekarang ini.

Dengan mulai perkembangan jaman, teknologi Indonesia juga mulai menyentuh ke berbagai lapisan masyarakat. Dimana lebih banyak masyarakat yang menggunakan komputer yang bisa digunakan untuk fungsi sederhana. Dan lebih banyak digunakan selanjutnya karena sudah bisa untuk menerima dan digunakan untuk berinternet. Dimana pada tahun sekitar akhir 80 an dan 90 awal sudah ada beberapa domain yang ada di Indonesia untuk mengakses internet.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *