Perkembangan Teknologi Internet untuk Membantu Masyarakat

Perkembangan Teknologi Internet untuk Membantu Masyarakat

Anda yang merupakan generasi tahun 2000-an pastinya sudah tidak asing lagi dengan internet. Mungkin internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Segala macam informasi bisa didapatkan dengan memanfaatkan internet bahkan kemudahan komunikasi juga sudah sangat terjamin karenanya. Namun sudah tahukah Anda bagaimana teknologi internet bermula? Maka simaklah ulasan mengenai internet berikut ini.

Perkembangan Teknologi Internet untuk Membantu Masyarakat

Sejarah Internet di Dunia

Pada tahun 1969 DARPA atau Departemen Pertahanan Amerika membuat sebuah riset agar bisa menghubungkan sejumlah komputer degan komputer lain hingga membentuk sebuah jaringan. Riset ini dikenal sebagai ARPANET. Hingga pada tahun 1970, riset ini telah berhasil menghubungkan 10 komputer sehingga saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan.

Pada tahun 1972, dimana merupakan kemunculan teknologi internet pertama setelah jaringan yaitu email atau surat elektronik berkat kinerja Roy Tomlinson sebagai bagian dari program ARPANET. Keberhasilan ini secara cepat menyebar hingga pada tahun 1973 internet sederhana mulai diperkenalkan di luar Amerika Serikat.

Internet Dikatakan Sebagai Teknologi

Teknologi sendiri merupakan wujud perkembangan yang mampu mempermudah kehidupan manusia seperti dengan kemunculan mesin, alat, material, dan beragam proses yang menolong manusia. Adanya teknologi tidak lain juga disebabkan oleh ilmu pengetahuan yang selalu berkembang. Salah satu wujud keberadaan teknologi adalah penggunaan internet pada kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini, banyak teknologi internet dengan berbagai inovasinya. Beragam aktivitas yang melibatkan internet secara kasat mata bisa Anda lihat.

Beragam Akses untuk Terhubung Internet

Akses pada teknologi internet ini tidak lain disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, banyak akses yang bisa digunakan serta banyak perangkat yang juga memiliki cara tersendiri untuk bisa dimanfaatkan. Berikut macam-macam akses ke internet yang harus Anda ketahui.

 

  • Jaringan LAN

 

Teknologi internet yang memanfaatkan jaringan yaitu dimana Anda akan bisa mengakses internet dengan menghubungkan komputer Anda ke komputer lain yang sudah terhubung ke jaringan internet.

  • Koneksi Dial Up

Untuk bisa terhubung ke jaringan internet terutama pada komputer Anda maka Anda membutuhkan adanya perangkat keras lain yaitu modem dan telepon. Saluran telepon digunakan untuk menghubungkan komputer Anda dengan ISP yang selanjutnya ia berfungsi untuk menghubungkannya ke internet. Sedangkan modem akan dibutuhkan guna merubah sinyal yang ada yaitu sinyal digital ke sinyal analog agar bisa dikirim ke saluran telepon

 

  • Teknologi ADSL (Asymetrical Digital Subscriber)

 

Teknologi ini bisa membantu Anda mengakses internet dengan bantuan kabel-kabel tembaga yang bisa menghubungkan Anda ke saluran telepon tanpa mengganggunya.

 

  • Jaringan WiFi (Wireless Fidelity)

 

Teknologi internet yang paling baru dimana tidak membutuhkan adanya kabel gar bisa terhubung. Namun ia memakai gelombang elektromagnetik dengan frekuensi yang tinggi sehingga bisa melakukan pengiriman data.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *