Perkembangan Teknologi Komputer dari Generasi Pertama Hingga Generasi Keempat

Era digital seperti sekarang ini memang tak lepas dari perkembangan teknologi, hampir semua pekerjaan manusia diringankan dengan adanya produk teknologi, salah satu yang mengawalinya adalah keberadaan komputer. Pastinya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda mengenai sarana yang satu ini, tak hanya bermanfaat untuk menunjang kebutuhan bekerja saja, melainkan juga banyak dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Bahkan dengan ditemukannya komputer kemudian muncul dunia baru yang dikenal juga sebagai internet atau dunia maya.

Kehadiran internet secara langsung mengubah banyak hal yang ada di dunia, termasuk diantaranya adalah banyak hal-hal sepele yang sebenarnya bisa dilakukan secara langsung, namun sekarang dengan adanya internet mulai beralih menuju ke online, sebut saja diantaranya adalah berbelanja. Bahkan tak jarang diantaranya perkembangan teknologi yang sebenarnya menciptakan lebih banyak peruntungan bagi masyarakat, membuat lapangan kerja yang baru, hingga dimanfaatkan sebagai media untuk berbisnis.

Namun tahukah Anda sebelum adanya komputer canggih saat ini, bagaimana sejarah awal terciptanya komputer, mulai beberapa modifikasi yang dilakukan, hingga tercipta desain yang lebih ringan juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Berikut ini beberapa generasi komputer yang wajib untuk Anda ketahui:

  1. Komputer generasi pertama, dikenal juga dengan nama vacuum tube, ia diciptakan pada tahun 1940, hingga tahun 1960an sudah tak lagi diproduksi, ukurannya sangat besar dan menghabiskan banyak daya listrik. Bahkan untuk satu komputer hanya bisa dipakai untuk satu program atau pemecah masalah saja, semuanya masih berbasis rumus aritmetika, sehingga tak banyak diantaranya yang bisa menggunakan komputer tersebut.
  2. Komputer generasi kedua 1956 hingga tahun 1963 mulai diluncurkan produk yang lebih canggih, pembaharuan dari generasi pertama. Dimana untuk seri yang satu ini diberi nama transistor, ukurannya lebih kecil dan memiliki kemampuan setingkat lebih canggih dibandingkan dengan pendahulunya. Hanya saja dalam penggunaannya menyebabkan suhu atau radiasi dalam bentuk panas yang dikeluarkan juga cukup tinggi, sehingga harus digunakan pada ruangan ber AC.
  3. Komputer generasi ketiga, diberi nama integrated circuit, ukurannya lebih kecil lagi dibandingkan dari generasi kedua, ia juga memakan daya yang lebih kecil, karena harganya juga lebih murah sehingga mulai banyak diantara perusahaan ataupun rumah tangga yang membelinya, namun sayangnya masih memerlukan tenaga pendingin ruangan ketika dipakai, karena sangat mudah panas.
  4. Komputer generasi keempat, ini adalah jenis komputer yang dibuat pada tahun 1971dan dipakai hingga sekarang ini, dalam bentuk yang lebih kecil dan membutuhkan daya yang ringan, sebagian diantaranya bahkan ditawarkan dalam model yang praktis seperti halnya notebook ataupun juga laptop.

Komputer akan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *